Berenang dengan Tenang di Atlas Sport Center Surabaya

Hari ini adalah kali kedua aku dan salah satu temanku, berenang di Atlas Sport Center Surabaya. Pertama kali kami ke sana waktu awal semester 4 kemarin, padahal kami sudah lama tau tentan keberadaan Atlas Sport Center, eheheh. Karena kami berdua doyan renang, akhirnya memutuskan untuk bikin jadwal renang rutin kami berdua (meski ada sebersit keyakinan bahwa nggak akan rutin sih).

Kesanku untuk Atlas Sport Center: jatuh cinta pada pandangan pertama itu benar!

2392f29f8e12a2a998d045c2eb132403

Pertama kali aku ke sini tuh kebetulan pas Sabtu, dan ramai banget. Iya sih agak salah milih hari. Cuma nggak apa-apa yang penting udah tau situasi kolam renangnya kayak apa. Trus kedua kalinya ke sana hari ini, hari Rabu, DAN SEPI BANGET! Enak banget asli super-tenang. Kolam segede itu cuma buat beberapa orang doang, so relaxing! Pokoknya hindari aja weekend, usahakan untuk datang di hari efektif.

Kali ini aku mau merinci informasi terkait Atlas Sport Center, biar enak dibacanya heheh, oke?

1. Lokasi

Alamat: Jl. Dharma Husada Indah Barat III No. 64-66, Mojo, Gubeng, Surabaya.

Lokasinya mudah dijangkau buat mahasiswa Unair, terutama yang tinggal di dekat kampus B. Kalau jalan utamanya sih aku kurang tau. Aku kalau ke sana lewat jalan trabasan hehe. Kalau mau gampangnya nih, tau gang Jojoram I gak? Deket daerah kampus B. Masuk aja ke gang Jojoran I, luruuuus terus. Ngelewatin sekolahan, pasar, perumahan. Mentok sampe nemu pertigaan, udah deh Atlas Sport Center ada di pojok kanan jalan. Jalannya gak begitu lebar dan cukup ramai. Jadi kalo mau lewat gang Jojoran, mending pake motor aja deh.

2. Parkir

Buat yang mobil sih gampang ya, cari aja yang banyak mobilnya, pasti itu tempat parkir mobil. Tapi kalau bawa motor, masih agak masuk lagi ke dalam. Pertama kali aku ke sana sempet bingung harus ke arah mana buat parkir motor. Ternyata emang agak ke dalam lagi. Ikutin aja tulisan “parkir motor”, nanti pasti ketemu. Ohya, dan bayar parkirnya di depan, Guys. Sebelum masuk tempat parkir, kayak ngelewatin pos dulu, buat bayar karcis dan ambil karcis. Harga karcis parkirnya Rp 3,000. Itu nanti bakal diserahin lagi pas keluar dari parkiran. Makanya, karcisnya jangan sampe hilang, ya!

Dari parkiran motor, ada pintu masuk menuju kolam renang juga. Begini penampakannya.

Begitu masuk memang gak langsung kelihatan kolamnya, Guys. Yang kalian lihat adalah ini:

3. Kantin

Setelah masuk, ikutin aja jalannya ke dalam. Nanti ada jalan menurun di sebelah kanan menuju meja penjualan tiket renang. Tapi kalo jalan terus tanpa belok ke tempat penjualan tiket, bakal ketemu kantinnya, Guys. Ada meja-meja gitu kayak di rumah makan. Memang nggak lengkap banget menunya, tapi pas buat ngisi perut sebelum dan sesudah renang. Ada nasi yang dibungkus pakai mika (jadi instan, kita tinggal makan). Ada yang harus disiapin dulu (gado-gado, soto, dll). Lumayan nih kalo males keluar lagi buat cari makan, makan di kantinnya Atlas aja.

Oh iya, di kantinnya juga ada toko alat olahraga. Itu di fotonya kalau kelihatan, ada pintu tulisannya “Pro Shop”. Belum pernah masuk sih, tapi dari luar kelihatan kayak ada jual baju renang dan lain-lain.

4. Tiket Masuk Kolam Renang

Kayak yang aku bilang tadi, sebelum jalan ke kantin, ada jalanan menurun di sebelah kanan. Di situlah tempat pembelian tiket sekaligus pintu masuk kolam.

Ada tulisan larangan bawa makanan dari luar hehe. Mungkin karena di area kolam ada yang jual makanan lagi.

Itu meja yang kayak resepsionis itu tempat buat beli tiket. Harga tiket kalau hari biasa adalah Rp 45,000 dan kalau weekend harganya Rp 55,000. Pas kita beli tiket, kita bakal ditarikin uang Rp 20,000 yang bakal dibalikin lagi setelah kita selesai renang. Entah uang buat apa, mungkin sejenis jaminan (?)

Misal nih, renang di Atlas hari Senin sendirian, tiketnya 45,000. Kamu bakal diminta nambahin 20,000 jadi total yang kamu bayar adalah 65,000. Nanti bakal dikasih kartu untuk ngambil 20,000 tadi setelah renang. Gitu.

5. Loker, Handuk, dan Kamar Bilas

Pas beli tiket, kita ditanyain: mau pake loker nggak, Mbak? Terserah. Kamu mau pake loker apa enggak. Sewa loker ini nggak ada biaya tambahan lagi. Jadi nggak ada ruginya kalau kita minta loker.

Kalau kemarin sih, aku lihat handuk di resepsionisnya. Mungkin disewakan. Tapi aku nggak tau handuk itu free atau kudu bayar berapa. Saranku nih, buat anak-anak rantau yang males ribet, milikilah 1 handuk kecil khusus untuk renang. Supaya tidak mengganggu siklus pergantian handuk mandi, hehe. Lagian kalo setelah renang handuknya basah banget dan keringnya lama, repot kalau mau dipake buat mandi lagi.

Kamar bilas. Kamar bilasnya ada banyak dan bersih! Suka deh! Dan di kamar bilas inilah loker-loker disediakan. Jadi ada banyak loker berderet sepanjang kamar bilas. Cari aja nomer lokermu sesuai kunci yang dikasih resepsionis. Gausah khawatir lah, kamar bilasnya pewe!

6. Kolam Renang

Kolam besarnya ada 2. Pertama kali datang, pasti yang dilihat adalah kolam ini:

Kolam besarnya bentuk persegi panjang. Kedalamannya kalau nggak salah lihat sih 2 meter. Ada juga kolam pendek di sebelahnya, buat anak-anak.

Di dalam setelah meja pembelian tiket, ada lagi kolam besar yang luas. Bentuknya gak simetris kayak kolam yang di depan sebelumnya. Kedalamanbya beragam, mulai 0.7 meter sampai 2 meter.

Sebagian besar kolamnya tertutup atap. Tapi yang di ujung sana sedikit nggak ketutupan. Jadi kalau mau ngerasain air yang agak anget, berenanglah tidak dibawah atap. Btw, makin ke sana makin dalam ya. Yang ada perosotannya ini masih dangkal. Makin menjauhi perosotan, makin dalam kolamnya.

Di sini startnya, 0.7 meter.

Foto yang di bawah ini adalah kolam yang dalam.


7. Fasilitas Lain

Karena judulnya ada “Sport Center”, pastilah nggak cuma olahraga renang yang di fasilitasi di Atlas. Ada gym juga. Cuma aku kurang tau kalau fasilitas olahraga lain di Atlas seperti apa hehe.

Sekian review Atlas Spott Center dariku. Semoga informasinya membantu! Silakan buat jadi bahan refrensi atau pembangingan kalau lagi cari-cari kolam renang 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s