[Film] Beauty and The Beast

Tale as old as time
True as it can be
Barely even friends
Then somebody bends
Unexpectedly

Sejak nonton Beauty and The Beast yang versi live-action, aku nggak bisa nggak nangis kalau dengar lagu ini. Dari pertengahan menjelang akhir film, bawaanku pengen nangis terus. Udah kayak film sad-ending rasanya.

eu_batb_flex-hero_header_r_430eac8d

Beauty and The Beast, salah satu film Disney yang pertama kali kita kenal lewat versi animasinya, yang rilis di tahun 1991. Yang suka nonton film kartu nih, apalagi Disney, pasti tau lah ceritanya Beauty and The Beast. Si Beauty namanya Belle, kalau yang Beast nggak ada namanya. Belle ini umumnya digambarkan dengan rupa seorang putri bergaun kuning. Inget kan?

2016-05-02-1462174744-4924311-batb

The Beast ini dulunya pengaren. Tapi akhinya dia harus hidup di dalam kutukan penyihir, atas kesalahannya di masa lalu. Kalau nggak salah, karena dia nggak punya rasa mengasihi gitu. Yang dikutuk nggak cuma dia, tapi seluruh pelayan di istananya. Si pangeran dikutuk jadi buruk rupa alias The Beast, sedangkan pelayan istana yang lain jadi benda-benda peralatan istana yang bisa bicara.

Di sisi lain, ada gadis cantik baik hati namanya Belle. Suatu hari, ayah Belle ini pergi kemana gitu, pergi jauh. Belle selalu minta dibawain bunga mawar kalau ayahnya kembali. Waktu itu, ayah Belle tersesat, hingga sampailah dia di istana The Beast yang udah nggak keurus. Di halaman istananya, si ayah Belle lihat ada mawar. Inget pesan anaknya, akhirnya dia metik mawar itu. Eh, nggak taunya ketauan sama The Beast, akhirnya ayah Belle disandera karena sudah mencuri.

Kuda yang ditunggangi ayah Belle langsung balik ke rumah majikannya, buat ngasih tau Belle kalau ayahnya dalam bahaya. Akhirnya Belle pergi ke istana The Beast naik kuda. Nggak taunya, ayah Belle dikurung di dalam kamar gitu. Kata The Beast, ayah Belle adalah pencuri, dan berhak dihukum selamanya. Belle nggak mau, dia berusaha agar ayahnya bisa lolos dari sandera, dan biar Belle aja yang ditahan selamanya. Akhirnya Belle-lah yang disandera The Beast.

Kutukan The Beast ini bisa dipatahkan ternyata. Tapi hanya dengan cinta sejati yang didapatkan oleh The Beast. Kelihatannya kan mustahil. Siapa juga yang mau sama makhluk aneh buruk rupa, kayak monster lagi.

giphy

Nah, hari demi hari, Belle yang tinggal di istana The Beast, yang mulanya marah banget karena nggak terima kalau ayahnya disakiti, lama-lama mereka berdua jadi akrab. Akhirnya, mereka saling mencintai dan kutukan penyihir pun terpatahkan. The Beast berubah jadi pangeran tampan, dan seluruh pelayan istana kembali menjadi manusia.

Begitu kira-kira jalan ceritanya.

Nah, di tahun 2017 ini, Disney ngeluarin film Beauty and The Beast versi real-action nya. Pemeran Belle adalah Emma Watson, dan yang jadi pangeran The Beast adalah Dan Stevens. Btw, si Dan Stevens munculnya bentar doang yah, pas udah berubah jadi pangeran lagi 😦

Aku sendiri udah lupa sama versi kartunnya. Aku lupa aku sempet nonton atau enggak. Atau aku sudah pernah nonton tapi lupa jalan ceritanya. Dan mungkin karena dulu masih bocah ya, jadi ya pasti seneng-seneng aja kalau nonton film kartun, tanpa ngerti maknanya.

Filmnya memang musikal gitu. Jadi banyak nyanyinya. Jangan kaget, gitu-gitu si Buruk Rupa juga bisa nyanyi. Ada adegan nyanyi yang menurutku terlalu lama. Waktu si Belle diajak ke ruang makan, trus disiapin makanan plus meja, plus ada hiburan-hiburan dari para peralatan istana. Itu menurutku lama banget sih. Tapi kalo buat aku pribadi, aku nggak terganggu sama itu, karena aku suka filmnya!

Yang bikin aku semangat banget buat nonton Beauty and The Beast versi live-action karena satu, pemeran Belle adalah Emma Watson! OMG my brilliant Hermione Granger! Aku harus bisa melihat Emma Watson di luar sisi ke-Hogwatrs-an dia. Dan aku seneng banget! Dunia Hogwarts dan Disney ku bersatu! Lihat Emma Watson main film selain Harry Potter tuh rasanya kayak ketemu tetangga sebelah rumah sama-sama lagi di luar negri, sambil bilang: oalah, sampeyan to, Mbak, pantes kayak kenal.

emma-watson-grrrr

Btw logat British-nya Emma di film ini tuh Hermione banget :’) Mana setting kastilnya The Beast juga mistis-mistis kayak Hogwarts. Aduh, dua dunia favoritku!

Alasan kedua, setelah aku putar berulang kali, lagunya tuh bagus banget. Themesong-nya Beauty and The Beast. Dulu dinyanyiin sama Celine Dion & Peobe Bryson. Sekarang dinyanyikan ulang oleh Ariana Grande & John Legend.  Meskipun ada versi remake-nya, musik jadulnya tuh masih ada. Yang bikin emosional menurutku adalah ya musik lawasnya itu. Secara nggak langsung, ngebawa aku, atau mungkin kita, ke masa lalu. Masa-masa bocah yang sukanya nonton film kartun. Sehingga membuat kita sadar kalau kita ini ….. sudah berumur.

Dan, lagu cantik itu digabungin sama cerita cinta dua makhluk dengan paras yang super berbeda. Maknanya nggak lain dan nggak bukan, bahwa kecantikan rupa bukanlah segalanya. Yang terpenting adalah yang ada di sini, di dalam hati.

Asik.

Lebih-lebih yang versi real nya. Dulu kan versi kartun, mungkin udah cukup menghibur gitu dengan ceritanya yang penuh nilai. Dan sekarang, versi real-nya itu ada. Gimana nggak makin menyentuh?!

7aee1ff05fe605491f5863a5dbf314ef

The most beautiful love story ever told. Bener sih. Setelah beberapa tahun berlalu, aku baru sadar bahwa cerita Beauty and The Beast itu ya beautiful juga. Aku nangis mulai  pas bagian mereka udah saling akrab. Apalagi pas Belle sama The Beast dansa, dan lagu Beauty and The Beast dinyanyikan! Itu scene yang sama sekali nggak menyedihkan, tapi aku nangis!

Aku gampang tersentuh sih sama lagu yang dipakai buat cerita emosional.

Hal lain yang aku pikirkan saat nonton: menyadari bahwa Disney, dunia masa kecilku, satu per satu menjadi hidup!

Begitulah. Ini mungkin pengalaman pertamaku nonton di bioskop, dengan alur cerita yang sudah pernah ditayangkan, dan kisah sedih yang minim, tapi bikin aku nangis nggak berhenti-henti.

peter-parker-crying

Sst, katanya, film Aladdin dan Mulan dari Disney, juga bakal dibuatin versi live-action nya loh! Nggak sabar nih, a whole new wordl!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s