[Film] Galih & Ratna: Misteri Rano Karno di Scene Pertama

Tanggal 13 Maret yang lalu, aku dan teman-teman berkesempatan nonton film terbaru indonesia, judulnya adalah Galih dan Ratna. Kalau aku pribadi sih, dari total 10 poin, film ini dapat nilai …. 7 poin aja deh.

galih-ratna-640x338

Berkat film Cek Toko Sebelah kemarin, aku jadi suka ngikutin film-film Indonesia yang kayaknya mulai menarik dan seru-seru. Jujur sih, dari dulu aku suka mikir-mikir lagi kalau mau nonton film Indonesia hehe.

Film Galih dan Ratna ini bercerita tentang kisah romansa anak SMA. Si Ratna ini murid pindahan dari Jakarta yang ketemu Galih di sekolah barunya di Bogor. Si Galih ini nggak begitu populer di sekolahnya (padahal ganteng, tau!). Dia dikenal sebagai anak cupu yang suka belajar, yang berusaha biar nilainya nggak turun demi beasiswa sekolah. Klise sih, si Ratna akhirnya suka sama Galih karena katanya, si Galih ini berbeda dari yang lain.

Plotnya cukup sederhana dan ringan, sampai mungkin bisa-bisa alurnya terbaca. Ngerti lah ya anak pinter kayak Galih kalau lagi asik-asiknya pacaran kan yah, nilainya bisa jadi korban. Bisa dikira-kira deh apa yang bakal terjadi sama Galih setelah jadi pacar Ratna, hehe.

Ceritanya murni romance anak remaja. Konfliknya ringan, mudah diikuti dan mudah ditebak hehe. Setting-nya juga nggak lebay kalau menurutku. Kayak apa adanya gitu. Dramanya cuma sekedar di cerita cinta Galih dan Ratna. Oh, ada sih, soal keluaraga mereka masing-masing. Dan ending-nya … kurang lega kalau buat aku hehe 😦 Rasanya kayak masih ada yang mau disampaikan sama film itu, tapi udah keburu tamat. Yaudah lah, yang penting Galih kuliah di Malang, ntar aku cari kosannya.

2smfgm7

Galih di sini diperankan oleh aktor Refal Hady. Aku kurang tau sebelumnya dia pernah main di film apa, tapi sepertinya doi memang mendatang masih baru-baru. Yang jadi Ratna si Sheryl Sheinafia, yang aku tau cuma dia dulu pernah jadi MC di Breakout Net TV bareng Boy William.

Komentarnya tentang film ini … bagus. Bagus, kok. Tapi kok kurang ngena di hati ya eheh. Di hati aku doang sih. Trus cerita PDKT mereka di awal, kayaknya emang sengaja dipadetin deh, jadi terkesan buru-buru. Mungkin karena pengen nunjukkin kisah romansa mereka lebih banyak, jadi masa PDKT nya nggak begitu penting sehingga nggak dibikin detail.

Trus penampilannya si Refal Hady kurang anak SMA banget! Masa anak SMA udah punya brewok 😦 Ya, intinya citra sebagai anak SMA-nya tuh kurang keluar gitu. Jadi pas adegan mereka nggak pakai seragam sekolah, imej anak SMA-nya mudah hilang dan bikin aku lupa kalau mereka berperan jadi anak SMA.

2017_02_28_22448_1488264117-_large

Sebenernya lebih banyak cerita tentang masalah yang mereka lalui berama sih, dibanding cerita cinta mereka. Semacam Ratna bantuin masalaha Galih, Galih juga bantuin masalah Ratna. Trus aku suka acting Sheryl di sini! Ini film Sheryl yang aku lihat pertama kali sih jadi nggak ngerti doi di film sebelumnya kayak apa. Cuma aku suka aja sama acting-nya. Bagus gitu.

Dan, yang terngeselin adalah: Rano Karno di awal scene itu ngapain deh?! Aku sampe udah curiga jangan-jangan ini cerita flashback. Tapi bahkan sampai film berakhir pun, Rano Karno nggak dijelasin maksud dari kemunculan dia di scene awal. Aku penasaran nih!

Usut punya usut, ternyata Rano Karno dan perempuan yang digandeng di awal scene, yang belakangan diketahui bernama Yessy Gusman itu, ternyata adalah pemeran film 80-an yang berjudul Gita Cinta dari SMA. Film itulah yan menginspirasi sutradara untuk mengemas kembali film yang serupa dengan setting masa kini. Merekalah si Galih dan Ratna tahun 80-an, Rano Karno dan Yessy Gusman. Terbayar sudah rasa penasaranku!

032264100_1488200380-pemeran-utama-film-galih-dan-ratna_20160605_115224

Ohya, aku suka imej sederhana dari anak remaja yang ada di film ini hehe. Maksudnya kayak yang nggak manja-manja gitu. Pergi-pergi juga naik angkot tuh si Ratna.

Duh, indah ya masa SMA Galih dan Ratna. Masa SMA-mu dulu gimana, Guys? Pulang sekolah langsung nyuci baju, bantu bu dapur nyiapin makan buat temen-temen asrama, angkat-angkat galon buat diganti, nangkep lele di tambak, ngupas brambang kiloan, kalo sempet jaga laundry malem-malem? Udah, ngaku aja!

Terus nih terakhir, buat kakak-kakak sekalian,  kalau bisa sih anak kecil jangan di ajak ke bioskop ya, apalagi kalau sudah jelas-jelas film tersebut hanya untuk usia 13 tahun ke atas. Kemarin waktu nonton, aku sama temen-temen masih aja denger ada suara anak kecil rewel gitu. Anaknya dikasih nonton animasi-animasi aja, Pak, Bu, Mas, Mbak, jangan dibawa ke studio Bapak Ibu. Oke? Sip.

2 thoughts on “[Film] Galih & Ratna: Misteri Rano Karno di Scene Pertama

Leave a Reply

