[Film] Moana: Ketika Samudera Memanggilmu

Siapa yang belum nonton Moana? Mungkin sedikit review ini bisa bikin Anda-anda sekalian ingin nonton. Atau justru gamau nonton soalnya spoiler dari aku HAHAHAHA.

Moana. Salah satu film animasi Disney yang super-keren. Disney emang nggak ada habisnya ya bikin kita tertawa dan nangis bareng tokoh-tokoh animasi mereka. Kalau dihitung-hitung, film animasi lebih banyak yang menyentuhku dibanding film biasanya. Kenapa ya? Nggak tau juga tuh.

Aku suka Moana karena ya … touching. Karakternya unik. Meski emang ya jenis tokoh apalagi yang sering dipake Disney kalau bukan perempuan. Kukira bakal kayak cerita princess pada umumnya dan lebih recomended untuk anak perempuan. Ternyata enggak juga. Tokohnya memang perempuan, tapi karakter perempuannya nggak begitu hidup, jadi pesannya bisa diambil oleh siapapun yang nonton. Kalau dibanding Frozen kan cewek banget ya. Nah, kalo Moana ini menurutku, enggak.


Ceritanya tentang gadis Hawaii. Mirip Lilo and Stitch. Gadis Hawaii anak kepala suku yang diminta untuk menyelesaikan masalah paceklik di desanya. Menurut Moana, dia harus menyebrangi samudera untuk menemukan bantuan jawaban atas masalah tersebut. Tapi Ayahnya melarang Moana untuk pergi menyebrangi samudera. Sudah bertahun-tahun warga desa tersebut nggak ada yang berani menyebrangi samudera karena satu dua hal peristiwa yang traumatis.

Gramma Tala, nenek Moana

Nah, si Moana ini punya nenek. Neneknya tuh kayak orang kuno yang percaya kekuatan-kekuatan gitu deh. Nenek Moana punya cerita kuno yang mengatakan bahwa ada sosok demigod di seberang samudra sana yang mencuri barang berharga sehingga kehidupan mereka tidak tentram. Barang berharga itu disebut sebagai jantung. Jantung dari Te Fiti. Te Fiti ini apa, aku nggak ngerti juga pokoknya digambarkan sebagai sebuah kebaikan.

Jantung Te Fiti yang sedang dipegang oleh Moana Kecil

Moana nih, si anak nekat, dia akhirnya memutuskan untuk pergi menyebrangi samudra setelah beberapa kali dilarang. Dia menyebrangi samudra untuk menemui si demigod yang mencuri jantung Te Fiti dan meminta si demigod itu untuk mengembalikannya.
Berhasil? Bukan film animasi namanya kalau nggak berhasil. Nggak ngebayangin anak-anak yang nonton dikasih sad ending, mereka keluar bioskop nangis nggak berhenti-berhenti trus mogok sekolah. Sudah cukup kita aja yang nangis karena sad ending oleh oppa-oppa pemberi harapan palsu. Ugh!

Beberapa menit setelah film ini diputar, aku langsung nangkep kalau ceritanya tentang hal-hal mistis kepercayaan kuno. Tokohnya percaya sama sosok-sosok demigod atau apalah itu. Sebenernya itu nggak aku banget, atau lebih ke nggak kita banget. Nggak tau itu antara nyata memang ada yang seperti itu atau gimana. Tapi yaudalah daripada berdebat sama diri sendiri, mending menikmati Dwayne Johnson nyanyi.

Kiri: Dwayne Johnson (Maui si Demigod). Kanan: Auli’i Cravalho (Moana)

Ohya! Si pengisi suara demigod nya tuh Dwayne Johnson hahahah. Aku baru tau doi bisa nyanyi juga. So cute. Dwayne Johnson ini badannya gede. Dia suka main di film yang action-action. Beberapa komedi juga. Terakhir aku tau dia main sama Calvin Joyner di Central Intelligence apa itu. Ohya (lagi), film Moana tuh musikal, banyak nyanyi-nyanyinya. Semacam Frozen. Lawaknya juga dapet sih. Trus khasnya film animasi, selalu menghidupkan hal-hal sepele yang sebelumnya tidak berarti, menjadi salah satu kunci cerita. Aku suka kejutan-kejutan seperti itu.

Intinya, Moana itu worth to watch. Meski ya memang sepele sih cerita animasi rata-rata memang nggak berat dan seputar itu-itu aja. Cuma yah, nilai yang mereka sampaikan tuh … ugh, dapet lah. Pasti ada aja scene yang bikin merinding dan terharu pengen nangis tersedu-sedu tapi malu sama adik sepupu. Ngaku!

Jadi, buat kalian yang pengen nonton film tapi kantong nggak bersahabat sama bioskop, donwload aja film Moana hehehe lagian di bioskop juga udah nggak tayang tuh film. Mau ngajak nonton tapi di rumah Cuma ada adik, cus lah Moana of Motanui!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s