[Recent Drama] Moonlovers: Scarlet Heart Ryeo

Sebenarnya mau bikin video room tour tapi takut ngga laku soalnya kamarku cuma butuh satu kali take udah selese. Siapa juga yang mau liat kamar kosan.

Mending ngomongin Oppa, kan, ya?

My favorite drama this month: Scarlet Heart Ryeo!

moon-lovers-scarlet-heart-ryo-scarlet-heart-ryeopreviously-known-as-moon-loverslovers-of-the-moonbobogyungsim-ryeomoon-lovers-gfqqw0ys
Liat posternya yang sejarah banget aja udah ogah mau nonton

Sebenarnya judulnya apa sih?! Tolong diklarifikasi teman-teman pake vlog juga gapapa.

Sejujurnya aku nggak suka sama drama yang berbau-bau sejarah. Sejarah Majapahit aja nggak hapal gimana sejarah Koriya? Serius aku nggak suka drama yang temanya sejarah. Soalnya aku tuh orang modern jadi suka demam kalo ngomongin yang kuno-kuno (summon Yen!).

Ada dua drama Korea bulan ini yang ngangkat tema sejarah. Dan tau, nggak?! Salah satu drama itu yang main adalah separuh jiwaku, Park Bo Gum! Mianhae Oppa aku nggak suka kamu pake baju kuno meskipun syar’i gitu tapi aku bener-bener gak minat buat nonton 😦 Dan satu lagi yang promonya sempet bikin heboh, yang main ada Baekhyun, si ganteng Nam Joo Hyuk, si preman Ji Soo, ada Seohyun SNSD juga. Lihat tuh, aktor-aktrisnya pada terkenal semua! Tapi mau gimana lagi aku nggak suka sama drama sejarah-sejarahan. Soalnya jaman dulu kan suka ada perang-perangan. Aku nggak suka lihat yang action-action gitu.

Sempet dua episode aku nonton di KBS World dramanya Park Bo Gum yang judulnya Moonlight Drawn by Clouds, atau dikenal juga dengan Love in the Moonlight (banyak amat sih versi judulnya).

kim-yoo-jung-park-bo-gum-posters

Nonton dua episode doang trus aku nggak betah. Aku bosen duluan. Gimana ini Oppa padahal kamu main jadi raja, bukan atlet catur bloon 😦 Tapi ya gimana aku sama sekali nggak suka cerita sejarah-sejarah gitu. Dan drama sejarah yang Bo Gum ini ceritanya lebih sweet. Buat yang nggak suka sejarah, mending nonton yang ini aja daripada drama sejarah satunya, Scarlet Heart. Drama korea Scarlet Heart itu ya, drama sejarah yang nggak begitu sweet dan keliatan banyak tarung-tarungnya. Bener-bener ngangkat sejarah intinya. Nah, kan, makin nggak mau nonton aja aku.

Temenku bolak-balik nyuruh aku nonton Scarlet Heart ini. Katanya bagus banget. Ah masa sih? Trus katanya, drama ini adalah remake dari versi pertamanya, versi China. Sebagus apa sih dramanya sampai dibuat lagi? Kata Fiyang, soundtrack-soundtrack di drama ini tuh bagus-bagus. Yang nyanyi ada Lee Hi, Davichi, EXO, bahkan Teayeon SNSD. Itu artinya produser drama ini nggak main-main bakal bikin drama yang wow. Penyanyi soundtrack-nya aja penyanyi terkenal. Dan kata temenku lagi, ini tuh cerita tentang reinkarnasi. Mereka-mereka yang ada di jaman dulu, bakal ada lagi di jaman modern sebagai orang lain dan nggak saling kenal.

Gila. Kalau gini sih aku jadi makin penasaran.

Akhirnya aku dengerin dulu soundtrack drama Scarlet Heart ini. Mantap menilai drama dari soundtrack-nya. Tapi bener lo, bayaran penyanyi populer kan pasti besar banget. Mana yang main di drama ini juga aktor-aktor papan atas. Aku nggak kenal sama pemeran utamanya, tapi katanya Lee Joon Gi salah satu lead character di drama ini bakal muncul di Resident Evil Final Chapter! Berarti kan dia bukan aktor sembarangan? Gila ini drama beneran nggak main-main. Dengan budget yang nggak murah gitu, pasti pihak produser drama juga nggak akan membiarkan dramanya nggak laku gitu aja. Sebagai masyarakat yang baik, akhirnya aku ikut berpartisipasi juga dalam melariskan drama ini.

scarlet-heart-ryeo
Pangeran Wang So (diperankan oleh Lee Joon Gi)

Tada! Akhirnya aku berhasi nonton sampe recent episode ke 11 minggu ini ehehehe. Dan yes, memang gue anak nakal dramanya bagus serius! Memang drama ini nggak se-sweet drama sejarah yang dimainin Bo Gum. Dramanya Bo Gum tuh kan kayak cerita yang ringan gitu dan manis-manis ala Korea. Tapi drama Scarlet Heart ini ceritanya nggak biasa dan alurnya tidak terbaca. Aku penasaran banget sama ending-nya. Ceritanya tuh diangkat dari sejarah yang memang sudah berlalu. Setting-nya waktu masa kerajaan Goryeo yang rajanya namanya Taejo (bacanya jangan medok). Nama anaknya juga sama. Cuma ya ini, cerita di Scarlet Heart ini ada perempuan yang datang dari masa depan dan hidup sebagai orang lain di jaman Goryeo ini.

Yang bikin aku cenut-cenut adalah, jangan-jangan waktu jaman Goryeo beneran ada orang dari masa depan?! Sejauh ini ceritanya anaknya si raja, pangeran Wang So,  yang suka ditakuti sama para rakyat itu berhasil jadi pemimpin upacara ritual hujan. Berkat itu, langkahnya buat jadi raja pun makin terbuka lebar. Nah, suksesnya dia jadi pemimpin ritual ini nggak lepas dari peran cewek yang datang dari masa depan itu, si Hae Soo. Cewek ini ngakalin gimana caranya biar luka yang ada di muka pangeran Wang So bisa hilang dan sukses memimpin upacara tanpa ada yang ngejekin dia.

Akhirnya berhasil kan si Wang So ini jadi pemimpin ritual. Hujan pun turun, rakyat pun senang. Dan nama si Wang So yang awalnya jatuh, jadi terangkat. Semua ini berkat si Hae Soo yang datang dari masa depan, yang punya akal bikin racikan sejenis salep warna kulit biar bisa nutupin luka pangeran Wang So. Hae Soo punya ide bikin salep itu karena inget sama foundation (alas bedak) yang pernah dia pake sebelum tiba-tiba ada di masa Goryeo. Trus gimana kalau Hae Soo nggak ada di jaman Goryeo, apa si Wang So bakal tetep sukses mimpin ritual atau gimana? Tapi di sejarah Goryeo yang sebenarnya tuh sudah ada, raja ke-empat Goryeo memang si Wang So. Ya masa dia sukses jadi raja cuma gara-gara foundation? Hah?!

tumblr_lznt3lo1x41qiuor5o1_500

Pada akhirnya, aku mau juga nonton drama korea yang berbau sejarah. Kalian juga nonton nggak? Bagus, ya? Aku suka banget sama soundtrack-nya yang dinyanyiin sama Epic High feat Lee Hi, judul inggrisnya Can You Hear My Heart. Yang kadang suka nggak cocok gitu lagi setting-an kuno tapi backsound-nya nge-rap. Ya nggak apa-apa. Sama lagunya Davichi yang judu inggrisnya Forgetting You. Aku suka banget dengerin lagu yang ada suara tingginya. Kenapa? Soalnya aku nggak bisa.

Yah, begitulah. Aku jadi terngiang-ngiang sama dramanya dan nggak sabar nunggu episode-episode selanjutnya. Penasaran banget sama ending ceritanya. Aku lebih suka si Hae Soo sama Wang So daripada Wang Wook yang istrinya meninggal itu. Lebih keren Wang So sih. Aku nggak suka liat Hae Soo sama Wang Wook, padahal ya mereka saling suka. Tapi pasti ntar akhirnya si Hae Soo bakal sama Wang So yakin deh. Yang penting nggak sama Wang Qodir aja.

f08c67de-2e80-402d-8aff-430a6cf4e38e

Nih, bonus para pangeran Wang dan si cantik Hae Soo. Semoga besok kamu bangun-bangun ada di masa Balaputeradewa dan merubah sejarah.

 

2 thoughts on “[Recent Drama] Moonlovers: Scarlet Heart Ryeo

Leave a Reply

