[Buku] Matahari (Tere-Liye): Perang Antarklan di Depan Mata!

Buat para penggemar Tere-Liye, pasti nggak ketinggalan dong sama buku terbarunya yang terbit bulan Juli kemarin. Buku ketiga dari serial Bumi ini judulnya Matahari. Novel pertama dari serial ini terbit dengan judul Bumi di tahun 2015. Trus serial keduanya terbit dengan judul Bulan di awal tahun 2016 yang lalu.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Maaf itu cahaya mantul di sampulnya 😦

Kalau kalian udah baca, novel Tere-Liye yang satu ini bertema fantasi. Cerita tentang tiga anak yang saling berteman dan punya kekuatan-kekuatan ajaib. Di serial ini, Tere-Liye menyajikan cerita tentang dunia paralel yang menjalani kehidupan di waktu yang sama namun dalam dimensi yang berbeda. Ada Klan Bumi, Klan Bulan, Klan Matahari, dan Klan Bintang.

Tokoh utama serial ini bernama Raib yang memiliki keturunan Klan Bulan tanpa dia ketahui sebelumnya. Di umurnya yang menginjak 15 tahun, akhirnya dia mengetahui rahasia dibalik kekuatan aneh yang sudah dia miliki sejak kecil. Sahabatnya yang bernama Seli berasal dari Klan Matahari. Sedangkan temannya yang suka membuat masalah, Ali, merupakan manusia pribumi yang sangat genius.

Di buku ketiga ini, diceritakan Raib-Seli-Ali yang berpetualang di Klan Bintang. Beda dengan Klan Bulan atau Klan Matahari yang letaknya ada di permukaan, Klan Bintang justru ada di dalam perut bumi! Tapi jangan khawatir, si genius Ali menemukan cara fantastis agar mereka bertiga bisa menembus perut bumi sampai ke kedalaman yang paling dalam.

Sebelum pergi ke Klan Bintang, tiga remaja tanggung itu pasti ijin dulu dong ke orangtua mereka. Orangtua Seli yang juga keturunan Klan Matahari langsung saja mengijinkan putrinya pergi berpetualang ke Klan Bintang. Ali yang orangtuanya supersibuk tidak akan tau menau ke mana putranya pergi, dan Ali bisa pergi semaunya. Tapi Raib? Sejauh ini yang dia tau adalah orangtuanya bukan orangtua kandungnya. Dengan meminta ijin pergi ke Klan Bintang itu berarti sama saja dengan meminta konfirmasi atas kebenaran bahwa dirinya hanyalah anak angkat.  Berhasil? Berhasil dong. Akhirnya mereka bertiga pergi dengan lancar.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Sampulnya menggambarkan isi novel!

Tapi di luar dugaan mereka, ternyata kedatangan mereka yang hanya berbekal rasa ingin tau, justru memicu kerusuhan di Klan Bintang. Aku juga kesel deh jadinya. Coba mereka bertiga gausa cari tau ya soal Klan Bintang. Karena mereka bahkan datang seperti layaknya penyusup! Tapi memang sih, pemerintah sebauh kota di Klan Bintang emang nyebelin. Banyak pihak-pihak yang kurang setuju dengan pemerintah. Dan seharusnya kedatangan tiga anak itu tidak perlu dipermasalahkan.

Begitulan kerusuhan akhirnya terjadi. Raib-Seli-Ali harus berusha kembali ke permukaan agar mereka tidak jadi tahanan Klan Bintang selama-lamanya. Setelah pertarungan yang hebat dan mengerikan, mereka pun lolos dan merebut kembali Buku Kehidupan yang sempat disita oleh pemerintah kota.

Usut punya usut, tenyata Klan Bintang ini nggak seperti Klan Bulan dan Klan Matahari yang punya kekuatan khusus. Klan Bintang ini diciptakan oleh mereka yang muak dengan kehidupan permukaan yang mulai rusak. Akhirnya mereka menciptakan kehidupan di dalam perut bumi. Dengan kecanggihan teknologi mereka, Klan Bintang bisa bertahan hidup dan menjadi klan dengan teknologi paling maju.

Nah, membenci pihak pemerintah kota di Klan Bintang juga ada alasannya. Ternyata, mereka punya rencana licik untuk menghancurkan klan lain agar pemimpin kota Klan Bintang bisa memimpin semua klan sekaligus! Jahat ya? Akhirnya Raib-Seli-Ali, yang mulanya ingin kembali ke dunia mereka menggunakan Buku Kehidupan, tujuan mereka malah berganti menuju Klan Bulan. Niat jahat pemimpin kota Klan Bintang harus segera disebarkan. Ini tandanya perang besar akan segera terjadi!

Kalian sudah baca yang Bumi sama Bulan kan? Sejak dari judul pertama, cerita di dalam novelnya selalu nggak sesuai sama judulnya. Kayak yang pertama, buku Bumi, isinya cerita Raib-Seli-Ali berpetualang di Klan Bulan. Buku kedua, Bulan, isinya mereka bertiga berpetualang di Klan Matahari. Nah di buku yang ketiga ini, Matahari, ceritanya tentang mereka pergi ke Klan Bintang (dugaanku persis!).

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Novel Matahari kali ini tema sampulnya beda sama tema sampul buku Bumi atau Bulan sebelumnya. Kalau kalian sudah lama punya yang Bumi sama Bulan, pasti tau kan beda sampulnya sama yang Matahari ini? Aku juga kaget pas beli. Kirain bukan serialnya Tere-Liye. Tapi ternyata emang gitu. Dan ternyata cetakan terbaru buku Bumi & Bulan pun pakai tema sampul yang sama kayak buku Matahari. Menurutku jadi lebih bagus dan seragam. Di setiap sampulnya ada gambar benda-benda yang bakal ada di cerita dalam novel-novel tersebut.

Trus juga, ada banyak typo di dalamnya! Bukan typo ke struktur hurufnya, tapi kayak yang seharusnya A, jadi B. Ada nama Kaar di situ, dan satu kata lain malah jadi Klaar. Kan kirain beda orang. Trus di akhir-akhir yang pas mereka tempur hebat itu, bolak-balik disebutin Pasukan Bayangan. Pasukan Bayangan kan yang di Klan Bulan. Kukira Pasukan Bayangan emang gabung gitu. Tapi ternyata kayaknya yang dimaksud adalah Pasukan Bintang. Soalnya habis nyebut Pasukan Bayangan, tau-tau jadi Pasukan Bintang 😦

Buku yang keempat nanti bakal berjudul Bintang. Dari semua klan kan cuma Klan Bumi doang yang belum di bahas. Kalau aku boleh nebak, kayaknya buku Bintang selanjutnya bakal bercerita soal perang antarklan yang berlangsung di Bumi deh. Soalnya akhir dari cerita Matahari memang berbau-bau perang besar, juga satu-satunya klan yang belum diceritain ya Klan Bumi. Ehehehe. Aduh, kita dong tuan rumah perang besarnya?! Hati-hati guys, kalau ada banyak pesawat terbang berarti mungkin ……. jangan-jangan ……

TNI AU lagi latihan. 

Advertisements

27 thoughts on “[Buku] Matahari (Tere-Liye): Perang Antarklan di Depan Mata!

    • Halo Syam. Wah nggak tau juga ya kenapa. Pasti seru deh. Bisa ditanyain tuh ke produser2 film animasi Indonesia, kira2 mrk punya rencana nggak ya buat bikin film animasi serial ini :))
      Btw terimakasih sudah mampirπŸ‘

  1. Gal usah dianimasiin kalo bisa dijadiin film lngsung,,klo kd film Dan efek2 nya visa kayak film2 fantasi Harry Potter, percy Jackson Dan film fantasinya pasti bkalan kereennn bangeettt…
    Duhh ga sabar nunggu yg bintang

  2. Berarti gak cuma aku aja yang berharap film ini dijadiin film layar kaca hehe

    Tapi mudah mudahan kalo memang mau diangkat ke layar kaca, sutradara, produser dan semua semuanya bener bener yang berkualitas dan totalitas biar bisa mengangkat perfilman indonesia nantinya hehe

    • Wah iyanih keren juga sih kalo dibikin film. Jadi kayak hal2 imajinaif yg susah kita bayangin, kalo ditampilkan lewat film kan jadi jelas ya hehe.
      Btw terimakasih sudah mampir πŸ™‚

  3. Rumah akukan deket lanud gitu kan , setiap hari suka banyak pesawat tempur yang latihan . Jangan janganπŸ˜‚πŸ‘Œ

  4. Ane kok takut entar endingnya Raib mati 😒
    Mungkin gara2 baca pas bagian sejarah pemilik buku kehidupan, mereka semua mati heroik 😒
    Ditambah lagi kepengaruh trilogy divergent, di situ kan tokoh utama (si Tris) kan endingnya mati
    Ah, tapi mungkin cuma fantasi liar ane aja kali πŸ˜‚
    Terus kayaknya si Tanpa Mahkota bakal muncul deh, entah nanti jadi temen atau musuh, atau jadi musuh dulu terus diceramahin, entar jadi temen dan terus berkorban (kayak naruto aja πŸ˜‚)
    Btw, cerita kayak gini kalau di luar negeri bisa dibikinin wiki-nya, atau paling nggak fanspage-nya.
    Kalau di Indonesia, mungkinkah?
    Udah, itu aja dulu deh

    • Wah jujur ni aku dah lupa sama detail2 cerita di buku Matahari wkwk 😦 kayaknya harus dibaca ulang ya sebelum baca yg Bintang nanti.
      Iyasih ini sejenis cerita2 fantasi kyk Divergent gt ya. Mungkin suatu saat akan ada wikia nya hehe.
      Btw terimakasih susah mampir ya πŸ™‚

    • Wah mohon maaf juga nih saya kurang pengalaman kalo soal pdf2 gitu hehe kurang tau juga.

      Mungkin temen2 pengunjung lainnya yg baca ini bisa mohon dibantu. Terimakasih banyak :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s