Sasak Palsu

Sebelumnya mau ngucapin dulu: taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum taqabbal ya karim!

Mohon maaf lahir batin semua! Buat para pembaca yang masih rela baca blogku. Semoga waktu yang kalian pake untuk baca ini nggak sia-sia. Ehehe.

Alhamdulillah akhirnya setelah sebulan penuh kita puasa, berjumpalah dengan tanggal 1 Syawal. Sedih nggak ditinggal Ramadan? Uda nggak ada lagi bonus-bonus pahala di bulan-bulan lain lo.

Dan seperti biasanya, kebanyakan orang pada mudik dong ya ke kampung halaman pas lebaran. Aku juga mudik dong. Mudik ke kota Mataram di Lombok.

lombok-guide
Ini jelas bukan aku yang foto

 

Kemarin aku kan baru bisa libur kuliah tanggal 30 Juni. Barulah bisa ke Lombok tanggal 1 Juli, dengan catatan: keluarga mudik duluan. Ya begitulah, pertama kali aku pergi naik pesawat SENDIRIAN. Yang paling aku takutin adalah gimana kalau aku salah masuk pesawat jurusan Singapura? Ya nggak apa-apa enak lebaran di sana.

Tiap tahun aku sekeluarga mudik ke Mataram. Biasanya kan sekeluarga punya tujuan mudik paling enggak dua destinasi: satu kampung halaman Papa, satu kampung halaman Mama. Nah kalau keluargaku, kampung halaman Mama Papa dua-duanya di Mataram jadi cukup sekali jalan aja pas mudik langsung jumpa semua kakek-nenek sepupu-sepupu komplit pake telur.

Padahal, orangtuaku sama sekali nggak ada yang keturunan asli suku Sasak. Papa saya orang Jawa, Mama saya orang Padang. Cuma mereka sejak kecil sudah tinggal di Mataram sama orangtua mereka. Jadilah sampai sekarang sanak saudaraku banyak yang tinggal di Mataram juga.

tumblr_lq0l85rd1w1qm5aawo1_r1_500

Yang paling aku suka kalau lebaran adalah sesi pembagian THR di rumah keluarga Mama. Saudara Mama totalnya ada 12. Dan tiap-tiap orang paling enggak punya anak tiga. Kebayang itu ramenya udah kayak bagi-bagi sembako. Heboh banget ya Rabbi. Mana lebaran kemarin tuh ya, sampe ada yang makein mic portable yang digantungin di telinga trus ada speakernya digantung. Kalau pernah ke CFD Jalan Ijen di Malang, modelnya kayak orang yang jual pisau trus sambil ngomong-ngomong pake mic. Kayak gitu dah. Suruh antre kayak bagi raskin wkwk. Kocak pokoknya aku Cuma bisa bagi-bagi ketawa gabisa bagi-bagi THR.

Trus ini kalau di keluarga Papa, kebetulan komplit semua saudara Papa pada kumpul di rumah Mbah. Jadilah kita jalan-jalan berwisata. Aku sekeluarga jujur jarang banget nge-trip di Lombok yang terkenal banget buat destinasi wisata. Dulu biasanya sih paling juga ke Senggigi. Dari Senggigi masih nggak ada apa-apa sampe sekarang mulai banyak dibangun macem-macem. Padahal tiap taun aku sekeluarga mudik ke Lombok pas lebaran. Kalau main-main ke pantai itu pun dulu ke Malimbu karena acara outbond keluarga.

Akhirnya sempatlah kita wisata mulai waktu aku SMA kalau nggak salah. Ke Gili Nanggu dan rasanya asik banget padahal cuma nyelem nggak jauh dari pantai. Setelah itu di tahun-tahun berikutnya selalu ngerencanain buat jalan-jalan meski kadang nggak sempet. Karena waktunya banyak dipake untuk silaturahmi ke saudara-saudara dan temen lama Papa Mama yang banyak juga tinggal di Lombok.

Rasanya gimana gitu tiap taun mudik ke Lombok tapi sama sekali buta kalau bicara soal destinasi wisata ehehe. Kalau ada temen yang ke Lombok trus cerita-cerita banyak soal tempat wisata di Lombok yang bagus, aku cuma bisa: oalah, itu di sebelah mana ya?

tumblr_o3kd1fapwn1ro0yyxo1_r1_400

Ya maklum orang Sasak jadi-jadian.

Alhamdulillah tahun ini bisa wisata sama keluarga besar. Kemarin habis ke Pantai Nipah sama Pantai Mawun. Paling enggak aku nggak gagap lah kalau ditanyain soal wisata Lombok wkwk. Nanti aku ceritain soal kedua pantai itu di lain pos.

Trus juga sempet berenang ke Nirwana Waterpark pake voucher! Omg vouchernya ada banyak dan kebetulan banget keluarga besar Mbah pada ngumpul semua :’) Aku terharu itu pas Mama Papa ada acara reuni SMP trus ada bagi-bagi hadiah dan Mama dapet voucher renang komplit se pernak pernik makan dan sewa-sewanya. Padahal malem itu aku di rumah Mbah sama sepupu-sepupu lagi mikirin jadwal jalan-jalan buat besok yang nggak jadi ke Gili Nanggu. Ngga taunya dapet voucher renang dan langsung besoknya banget kita cus :’)

Ada juga tempet-tempet oleh-oleh yang biasanya dikunjungi Mama kalau lagi cari buat dibawa pulang ke Malang. Sip post setelah ini aku akan bahas wisata Lombok.

Sekali lagi selamat berlebaran!

Leave a Reply

