Destinasi Wisata di Lombok

Ini ada beberapa destinasi yang bisa kalian kunjungi pas di Lombok. Destinasi berikut ada yang aku datengin kemarin pas mudik, ada juga yang emang suka rame pengunjung. Sila yang mau ke Lombok dicek nih! Masih banyak banget tempet-tempet wisata yang wajib fardu ‘ain, tapi ini cuma beberapa dariku. Semoga membantu klean-klean semua yang bimbang tak menentu.

Pantai Nipah

Dua hari setelah lebaran, akhirnya aku dan keluarga dari Papa dikasih kesempatan buat jalan-jalan. Yey!

Pantai yang kita pilih kali ini nggak jauh-jauh banget dari Senggigi. Namanya Pantai Nipah. Dalam perjalanan ke sana nggak perlu tidur di mobil kok hehe. Masih di bagian Lombok Barat. Buat kalian yang tinggalnya di sekitar situ nggak susah buat ngejangkaunya. View sepanjang jalannya asik dan nggak jauh juga kalau dari arah Rembiga. Eh jangan tanya soal daerah di Mataram ya. Bertaun-taun yang aku hapal ya cuma Rembiga sama Cakra.

tumblr_luqk1mjasb1qb8o02o1_500

Pantai Nipah ini deket sama Pantai Senggigi. Kalau pernah ke Senggigi, inshaAllah ke Nipah pun nggak susah. Waktu itu kami berangkat pagi-pagi banget karena itu hari Jumat dan biar nggak perlu cari-cari masjid lagi untuk sholat Jumat, jadi kita berusaha biar nutut sholat Jumat sampe rumah.

Sampe sana seger banget. Masih pagi dan matahari belum panas-panasnya. Parkiran pun lengang. Bahkan kita mau pesen makanan pun, yang punya warung gupuh mereka belum nyiapin apa-apa. Yailah Bu.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Btw ada hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan ke pantai: pastikan kamu nggak punya luka di badan. Karena yah tau sendiri gimana rasanya mainan air laut trus kena luka, kan perih hati ini.

Aku cuma berdiri di tepian pantai bareng saudara-saudara yang hampir sepantaran sama aku. Sepantaran tingginya maksudnya.

Yang kecil-kecl sih mandi-mandi di pantai, main-main pasir. Pantainya bersih. Ada kapal-kapal nelayan gitu banyak juga yang parkir di sana. Ada gazebo-gazebo juga. Tiap gazebo ada warungnya. Jadi kalau duduk di gazebo A, ya harus beli makanan di warung A. Waktu itu aku sekeluarga dapet gazebo yang pewe banget. Adem, nggak panas, deket kran air bersih (nggak tau lagi kalau ada kran-kran yang lain atau enggak).

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sepanjang jalan ke Pantai Nipah ada banyak banget warung-warung pinggir jalan. Kata pakdeku, di daerah Nipah emang terkenal banyak yang jual makanan. Waktu aku di pantainya, keluarga pada pesen ikan bakar sama sate ikan. Mantap! Enak ikannya. Makannya pake nasi dan ada sambel plecingnya (sambel khas Lombok).

Untuk biaya masuk, kayaknya kenanya Cuma biaya parkir deh. Cuma Rp5000 doang. Setelah itu nggak ada biaya masuk lain selain kebtuhan kayak makan atau biaya kamar mandi.

Kalau kamar mandinya aku nggak begitu merhatiin karena nggak pake kamar mandi sama sekali. Mushola juga nggak merhatiin karena emang kita udah balik pulang sebelum waktu dzuhur. Tapi enaklah tempetnya. Nggak banyak properti di tepi pantainya. Kosong, cuma ada kapal-kapal nelayan. Ombaknya juga ga begitu keras. Boleh lah mampir ke Pantai Nipah kalau pas lagi ke Lombok hehe.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pantai Mawun

Sebelum ke Pantai Mawun, aku sekeluarga besar mampir dulu di Pantai Kuta buat foto-foto. Kuta Lombok lo ya bukan Bali. Kejauhan kalau itu sih.

Di Pantai Kuta juga bagus. Banyak rumput laut di tepi pantainya. Ada batu-btuan besar. Bagus kalau mau buat foto-foto. Batu-batuannya besar-besar dan hati-hati licin banyak lumut. Banyak kadal juga di balik batu. Pasirnya pasir merica dan gede-gede banget.  Mending nggak pake alas kaki jalannya. Di sana juga banyak anjing tapi nggak ngapa-ngapain kok cuma ngeliatin doang. Pokoknya jangan diganggu kalau nggak mau mandi pake tanah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kalau Pantai Kuta ke kiri, nah ke kanannya ada Pantai Mawun. Tapi jauuuuh masih ke sana. Tidur aja sudah nggak apa-apa dari pada mabok. Btw jalannya naik turun yah dan viewnya nggak sebagus jalan ke Nipah. Bobok aja di jalan ntar kalau pas mau sampe baru dibangunin. Itu pas pemandangannya udah mulai mendekati pantai.

Kalau bisa berangkatnya pagi-pagi aja karena makan waktu di jalan dan biar ga kesiangan sampe sana. Ya kecuali sih kalau emang tinggal deket daerah situ. Waktu itu aku rombongan berangkat setengah 9, kurang lebih butuh waktu 1 jam buat ke Pantai Mawun dari arah Kuta.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Aku juga baru tau, ternyata Pantai Mawun itu salah satu destinasi wisata turis pas lagi di Lombok. Dan memang, tempetnya bagus asli. Nggak kayak di Pantai Nipah, di Pantai Mawun ini banyak kursi-kursi payung di tepian pantainya. Banyak juga yang gelar tikar. Warung-warung juga lumayan. Anjing juga lumayan.

Biayanya Cuma ada biaya parkir sebesar Rp10,000. Biaya-biaya lain untuk makanan dan kamar mandi bersifat situasional. Waktu itu aku sekeluarga sudah bawa makanan dari rumah. Karena emang berangkatnya pagi-pagi kan ceritanya buat sarapan. Boleh silakan kalau mau bawa makanan.

Di sana view nya asik. Ada gazebo-gazebo mini dan kursi-kursi payung. Banyak juga yang gelar tikar. Pasirnya putih banget. Asiklah pokoknya. Dan yang suka banget main ombak, kudu kayaknya mampir ke Pantai Mawun. Ombaknya beuh gede banget.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Itu buihnya bisa sampe bermeter-meter ke tepi. Aku aja berdiri di tepian kan ceritanya mau basah-basahin kaki doang, tau-taunya kena ombak sampe bawahan basah semua hampir kena baju. Tapi asik sih. Kayak main di wahana tsunami di Hawaii Waterpark Malang eheheh. Pingin banget sih ikutan mandi di pantai. Tapi yah suka mager banget kalau udah urusan bilas. Mana yang namanya pantai kan gak sama kayak waterpark yang tempet bilasnya pewe.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kalau di Pantai Mawun ini, karena aku nggak pake ruang bilas sama sekali jadi aku kurang tau gimana kamar mandinya. Cuma pas itu aku sempet sholat dzuhur di sana. Dan mushola nya …. ya begitulah. Rame kan pas itu. Wudhunya juga pake pancuran di luar, cewek & cowok. Kalau mau wudhu tertutup ya monggo ada kamar mandi tapi jumlahnya gak banyak dan antre sama yang mau bilas.

Tempet sholatnya terbuka dan sebelahan sama orang-orang bilas jadi super rame banget. Menurutku itu nggak pewe. Karena pas itu aku kan habis mainan basah-basahan di pantai trus sholat dzuhur dan bingung gimana cara ganti bawahan sedangkan kamar mandi full banget. Ya begitulah. But it’s okay. Pantainya tetep indah.

Waktu ke sana asik banget sama keluarga. Dua keluarga besar: keluarga besar Mama & keluarga besar Papa. Semua nenek-kakekku ada di sana. Om-tante, abang-uni, adik-adik. Seru lah dibuat wisata keluarga. Bawa makanan, minuman, rujak, foto sana-sini. Alhamdulillah masih dikasih kesempatan sama Allah buat liburan bareng keluarga super besar hehe.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ohya, di sana banyak bule juga. Jalan menuju ke sana suka papasan sam bule mondar mandir naik motor sambil bawa papan selancar. Tapi untuk parental advisory buat anak kecil aku rasa sih gak berlebihan ya bule-bule di Pantai Mawun. Standar sih emang mereka busananya mini begitu tapi jumlahnya gak banyak banget. Waktu hari itu aku ke sana sih nggak banyak. Nggak tau lagi kalau di hari lain wkwkw. Ya lingkungannya kayak pantai-pantai Bali gitu. Karena deket sama tempet selancar kan bule banyak yang suka selancar.

Buat yang pengen jalan-jalan ke Lombok, monggo mampir ke Pantai Mawun. Tempetnya asik. Kusaranin kalau mau ke pantai enakan pagi-pagi banget. Selain jalanan masih sepi, lokasi pantainya juga pas belum rame jadi kan enak. Dan belum panas juga. Ohya di sana kemarin hawanya panas gitu jadi suka pengen cepet-cepet balik ke mobil biar adem.

Kalau mau cari oleh-oleh Lombok, yang paling khas the one and only adalah: olahan rumput laut.

Phoenix Food

Yang terkenal yang merknya Phoenix. Mereka punya permen rumput laut yang suka banget dijadiin oleh-oleh. Kalau outletnya sih banyak ya yang jual produk-produk Phoenix. Tapi bisa kalau mau dateng langsung ke Phoenix Food ada di depan Hypermart lama, nama daerahnya Dasan Cermen. Di sana ada macem-macem olahan bahan makanan, nggak cuma rumput laut. Tapi yang paling khas ya permen atau jeli rumput laut.

Sekarbela

Selain itu ada juga mutiara khas Lombok. Suka banyak orang-orang jual mutiara dan harganya yang miring banget. Kalau mau bisa langsung ke daerah yang banyak banget pertokoan mutiara. Namanya daerah Sekarbela. Di situ toko-toko mutiara ada banyak. Tapi nggak perlu sampe ke sana-sana sih udah banyak yang jual di emper-emper juga.

Sasaku

Kalau buat kaos-kaos gitu, ada kayak toko oleh-oleh gede banget. Kalau di Bali mungkin modelnya kayak Krisna gitu. Nah di Lombok ini ada namanya Sasaku. Outletnya ada di daerah Meninting. Di situ paling banyak ya kaos-kaos Lombok gitu. Kain-kain, kerajinan tas, gantungan kunci, jajanan, adalah banyak di sana tempetnya gede. Parkirannya luas amat. Kalau baru masuk biasanya ditempelin stiker di bajumu. Kemarin aku kayaknya kepagian deh ga ditempelin stiker L

Pasar Cakra

Nggak Cuma di Sasaku sih, banyak banget toko-toko jual kaos-kaos gitu. Kalau Mamaku langganannya di Fortuna Agung, itu di daerah Pasar Cakra. Di situ tempetnya nggak segede Sasaku emang tapi pilihannya juga nggak kalah lengkap. Kalau Sasaku itu toko baru, nah yang di daerah Pasar Cakra itu toko-toko lama dan berderet-deret banyak macemnya. Silakan didatengin semua juga nggak apa-apa biar puas ehehe.

Taliwang Tifa

Ohya ada lagi! Ngga lengkap banget sih kayaknya kalau ngga bawa oleh-oleh gantungan kunci ya wkwk. Kalau mau cari kerajinan-kerajinan gitu ada di namanya Taliwang Tifa di daerah Rembiga. Di situ nama restoran emang agak masuk. Di samping-sampingnya banyak toko oleh-oleh. Kerajinan cukli! Itu kulit-kulir kerang disusun jadi hiasan properti biasanya wuh bagus gila. Di situ biasanya aku sama keluarga nyari oleh-oleh kecil-kecil. Di situ juga ada yang jual mutiara, kaos juga ada, pajangan-pajangan. Udalah ke sana aja biar ga penasaran wkwk.

Ada juga mungkin yang pengen ke sana tapi nggak ada saudara atau tour guide yang udah dikenal, langsung aja hubungi LombokJJ.com (asik nih promosi). Mereka bisa nemenin kamu-kamu semua yang bingung mau jalan-jalan kayak apa di Lombok. Biar gak nyasar-nyasar dan rugi waktu, hubungi aja lembaga travel. Rekomendasi LombokJJ.com ada akun instagramnya juga bisa dicek di @LombokJJ. Biar kalian tidak tersesat!

Sebelumnya mau minta maaf ini belum bisa masukin semua foto-fotonya 😦 Internetnya lagi ga stabil sedangkan aku harus segera nge-post mumpung masih segar nih ingatanku. Pasti ku upload foto-fotonya nanti kalau uda stabil internetnya hehe. Kalau mau di Instagramku udah ada beberapa foto pantai sih ngga apa-apa kalau mau dicek. Ea.

Sekian dulu refrensi liburan keluarga. Semoga sempet ya jalan-jalan ke Lomboknya. Saya tunggu. Tunggu kabarnya aja 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s