Ramadan Tiba Semua Bahagia

Itu judulnya kuambil dari salah satu lirik lagu nya Opick. Oke mari kita sambut album-album religi yang akan datang!

Marhaban Yaa Ramadan! Selamat berpuasa semuanya! Aku nunggu-nunggu bulan ini lo. Kamu nungguin juga gak? Apa nungguin aku?

when-she-just-cant-keep-together

Seharian kemarin pusing banget ngaturin blog UNAIR buat tugas. Berjam-jam akhirnya jadi juga yah aku gabisa banyak ngubah-ngubah yang kayak gitu. Alhasil bisa dicek di adelia-psikologi15.web.unair.ac.id. Kamu buka blogku rasanya ingin berdansa.

Enam tahun lalu aku memang udah gak puasa di rumah. Sudah selama itu aku nggak puasa di rumah but it’s okay. I have a lot of friend. Karena aku tinggal di asrama dan yang namanya sahur pasti disediain.

Namun, Pemirsa, inilah kali pertama saya berpuasa tanpa ada yang nyiapin sahur.

mpzvx

Sebenarnya rasanya kayak puasa sunah biasa sih. Aku kalo puasa sunah juga nggak pernah makan berat pake nasi segala meski masih tinggal di asrama. Tapi ya entah kalau saur di Ramadan nggak berat gitu rasanya kurang spesial.

Enam tahun aku sekolah di tempat berasrama, pasti ada yang nyiapin sahur & takjil meski nggak sama ortu. Nggak kayak pas ngekos sekarang sih. Dan Ramadan yang begini nggak kulewati sekali doang. Nanti sampe empat kali …..

Jadi inget puasaan di asrama. Yang dari Al-Izzah mana suaranyaaaa? Woohoo!

Tadi pagi dengerin lantunan dari mushola yang biasanya dipake buat menjelang adzan. Nah tadi subuh juga gitu. Biasanya di kosku nggak ada suara itu. Tiba-tiba tadi ada dan mengingatkanku pada masa nyantri di SMP.

SMP ku letaknya di Batu. Dingin. Kata orang, dingin-dingin cepet bikin laper. Yah serba salah. Panas-panas di sini juga bikin cepet haus, Pak Buk. Bangun untuk sholat subuh aja udah ogah-ogahan keluar dari selimut. Fyi, selimut anak Al-Izzah tebel-tebel. Ya gimana ya tinggalnya di kutub gitu.

Bayangin ya, bangun subuh udah males banget karena terlalu dingin. Apalagi tahun pertama aku di sana wkwkwk. Tidur pake sweater bok! Plus sarung tangan & kaos kaki! Nah, ya, bangun untuk sholat subuh aja udah menggigil kayak gitu kan. Kebayang nggak gimana mau bangun buat sahur yang lebih pagi dari pada sholat subuh?!

200_s

Yang paling aku inget itu pas udah kelas 3 SMP alias kelas 9. Gedung asrama kita jauh dari kantin. Kan kalau sahur harus ke kantin. Hebat tuh ibu-ibu kantinnya kapan masak banyak porsi begitu. Udah jauh dari kantin ya, dan kebanyakan temen-temen pada males jalan. Muka ngantuk, mata nggak karuan itu melek apa masih tidur. Dengan lunglai lesu jalan ke kantin. Dari ujung ke ujung. Kita butuh waktu yang lama untuk jalan ke kantin dengan kondisi udara dingin banget macam kulkas.

Udah sampe kantin, semua makan sahur dengan hikmat wkwkw. Kocak nih. Biasanya ya kantin itu rame banget kalau pada lagi makan. Pas sarapan contohnya. Semua seger banget siap berangkat sekolah. Apalagi kalau di kantin ketemu temen sekalas. Wah heboh ngobrol sana-sini sambil antre ambil makanan. Waktu makan siang juga apalagi. Gimana nggak heboh kalau semua cepet-cepetan turun dari masjid setelah sholat dzuhur demi dapet antrean makan paling depan. Kalau makan malem udah mulai tenang sih. Karena suasananya santai. Mau sampe jam berapapun di kantin it’s okay. Nggak buru-buru.

Tapi kalau udah sahur ya, semua antre makanan dengan muka ngantuk, mata sepet, ambek nguap sana sini nggak karuan. Kantin lengang. Semua ngantuk dan kedinginan. Yang kedengeran cuma suara piring dan gelas. Bahkan kamu bisa denger temenmu ngunyah makanan.

4vo0mef

Trus yang paling seru waktu buka puasa! Aduh jadi kangen nih 😦 Yang paling aku inget waktu kelas 2 SMP alias kelas 8. Kamar kami jauh dari masjid. Biasanya kalau sholat kan nggak boleh terlambat. Karena ini puasa, jadi dapet toleransi telat nggak papa yang penting jangan masbuk. Aku sama temen-temen seangkatan suka buka puasa di lapangan kecil yang ada di depan kamar kita. Asik kan? Sambil duduk melingkar biasanya tiap-tiap kamar kumpul. Habis jalan-jalan keluar asrama buat cari takjil. Trus balik ke kamar bawa takjil masing-masing buat di makan bareng. Sangat harmonis.

Tapi suasana itu pecah saat iqomah berkumandang ……

Bayangin aja habis buka puasa makanan penuh di perut dan ingin buang air rasanya. Tapi masjid udah iqomah sedangkan kita nggak boleh masbuk. Terjadilah marathon massal. Sampe masjid yang ada malah sakit perut wkwkw. Seru banget! Geli sendiri kalo inget.

Kemudian waktu SMA. SMA tetep asrama tapi nggak yang kayak waktu SMP. Nggak begitu ketat karena tujuannya cuma menampung teman-teman yang dari jauh. Tapi kami dapet banyak pelajaran agama tambahan. Masih nggak tertarik cari calon bekas santri? The cold never bothered us anyway.

1frozen

Btw aku asrama di Mahad Al-Qolam MAN 3 Malang. Suka banget tinggal di asrama karena punya banyak temen dari lain-lain daerah. Waktu SMA ini asramanya tertutup. Jadi makanannya yang dianter ke dalam gedung. Kita nggak usah berkenlana jauh-jauh ke kantin. Di sini juga meskpiun nggak tinggal sama ortu tetep ada yang nyiapin saur kan? Saur khan. Saur Khan.

364520-srk

Di SMA juga takjil selalu siap sedia. Duduk di masjid nungguin adzan sambil dengerin ceramah. Asal kalian tau ini nggak sembarangan duduk. Tapi duduk melingkari sepiring takjil! Sambil dengerin orang ceramah sambil milih-milih target takjil mana yang harus disantap.

Yah begitulah kehidupan enam tahunku Ramadan bareng temen-temen. Sekarang saur mah jadi tanggung jawab sendiri. Kamu nggak punya makanan, nggak akan ada yang bikin makanan buat kamu. Kamu nggak denger alarm, nggak ada temen-temen sekamar yang bangunin kamu 😦 Berangkat ke masjid buat taraweh nggak lagi rame-rame. Yaudalah namanya juga anak kosan. Mau diapa-apain tetep anak kosan namanya.

Sekali lagi, selamat berpuasa! Selamat datang juga bulan Ramadan! Hebat lo. Allah ngasih jatah 1 bulan untuk mengistirahatkan organ-organ pencernaan kita. Bayangin aja seumur hidup itu lambung nggak istirahat kan capek nerima makanan terus. Ya kalau jantung sih jangan sampe ada break nya juga.

tumblr_n6pctzavy41soqzuxo1_500
Serius iki gambare wapik
Advertisements

4 thoughts on “Ramadan Tiba Semua Bahagia

  1. ((Bahkan kamu bisa denger temenmu ngunyah makanan.))
    Itu hewan apada dia bukan temenku btw.

    Aku SMP dulu juga di Al-Izzah lho, SMA-nya di MAN 3 juga, kamu angkatan berapa?

    • Itu kukang kalo gak salah. Ya beginilah udah takdir. Loh ibu dulu juga sama-sama di alizah + man 3? Saya angkatan 23 Bu sekelas sama hayik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s