Menyambut Hari Besar Akhir Bulan

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi

Mungkin pas masih SD atau SMP belum ngerti ya gimana rasanya krisis sangu di tanggal-tanggal tua alias akhir bulan. Karena dulu bisanya sih tiap hari dapet sangu uang jajan dari Papa Mama kan. Dulu jaman SD kira-kira sehari sangu Rp 2000. SMP kurang lebih ya Rp 5000 lah.

Tapi sekarang, jaman anak SMA sampai seterusnya, para orangtua udah berani memasrahkan siklus uang sangu bulanan secara mandiri kepada anak-anaknya tercinta. Seandainya mereka tau dengan cara seperti itulah kami sesungguhnya belajar menjadi pribadi yang sehat walafiat, lahir batin, badaniyah serta rohaniyah.

Juga bakhil.

evil-smile-adams-family

Enggak ya. Yang bakhil itu mungkin salah asuhan.

Kenapa bisa gitu? Kenapa bisa tanggal akhir bulan bikin orang sengsara banget dengan krisis sepihak yang mereka rasakan?

Udah umum banget sih, namanya orang gajian biasanya awal bulan. Dan Mamah Papah yang biasanya ngasih sangu di awal bulan juga. Semakin dipake kan semakin kandas aja sangu kita. Begitulah hingga akhir bulan menjemput.

Kayak temen saya nih, si Budi. Dia kalau udah tanggal tua ya, saya tuh rasanya pengen bikin konser amal galang dana buat dia.

Mau ngingetin juga, jangan lupa bayar kos, Guys.

Kehidupan perkuliahan emang keras, Saudara-Saudara. Saking kerasnya kehidupan mahasiswa, bahkan milih sarapan di warung atau manasin lauk kemarin aja bisa bikin perdebatan batin.

Apalagi kalo pas tanggal tua.

 

giphy5

Banyak norma-norma yang harus diperhatikan saat menyambut Hari Besar Akhir Bulan alias HBAB. Senjata pertama yang paling ampuh ya emang harus dihemat baik-baik itu sangu dari orangtua. Namun saat keadaan mendesak sampai HBAB akhirnya menjemput, nggak ada hal lain yang bisa dilakukan selain ngirit.

Mulai saat bangun tidur, pastikan kamu nggak minum air. Karena hal pertama yang harus diperhatikan di awal HBAB adalah keadaan isi perut. Kalau kita minum air, sistem pencernaan di perut berjalan lancar, kemudian beberapa jam kedepan kita akan buang air besar. Maka berkuranglah pengganjal lapar yang ada di perut. Jangan menyesal kalau hal itu terjadi. Itu berarti perutmu harus diisi ulang dua kali lipat. Pengeluaran pun juga.

Beli minuman cukup beli air putih. Rata-rata warung yang baik hati gak nge-charge minuman buat yang minumnya air putih doang. Gapapa guys di HBAB mu ini kamu akan menjadi sehat dalam seminggu.

Pengen makan makanan yang agak mewah? Bisa. Biasanya makanan yang lebih berkelas dari pada tahu-tempe, mereka suka nyajiin makanannya dengan packaging yang rapi dan menarik. Misalnya beli nasi ayam crispy, biasanya ada yang pake tempat styrofoam atau tempat-tempat plastik, dan bahkan sendoknya bagus banget dari plastik juga. Karena atribut-atribut itulah harga nasi ayam crispy doang jadi agak mahal.

Maka dari itu, bawalah tempat makan sendiri dari kosan, bilang ke Abangnya: Bang, saya bawa tempat sendiri, gausah pake styrofoam. Harganya setengah ya . Niscaya Abangnya nggak akan mangkal lagi di dekat kosmu.

shaq-mock-barkley-fall-asleep

Salah satu yang bikin miris juga adalah, punya temen yang ulang tahunnya di akhir bulan. Di tanggal-tanggal kritis kayak tanggal 20 ke atas. Mereka pasti sudah pasrah dengan keadaan teman-teman anak kos yang emang gabisa diperbaiki garis takdirnya.

Dan buat kamu yang ulang tahun di akhir bulan. Kamu gak perlu menyesali kelahiranmu di tanggal segitu karena selamanya kamu akan ulang tahun di akhir bulan. Gak usah sedih karena teman-temanmu rata-rata cuma ngasih hadiah jepit rambut. Karena uang mereka lebih berharga buat perut daripada membahagiakanmu di hari ulang tahun.

Buat kamu yang ada di posisi sebagai teman sang-kelahiran-akhir-bulan, jangan khawatir. Jangan bikin mereka sedih hanya dengan ngasih kado berupa barang hasil urunan. Kayak temen saya tuh si Budi, cari barang-barang murah diskon akhir bulan cukup di Matahari Mall.  Mereka punya diskon khusus anak kos akhir bulan! Kamu nggak perlu khawatir. Baju baru pun bisa kamu kasih sebagai kado ulang tahun sang-kalahiran-akhir-bulan.

tumblr_njr9nvswew1si3gq6o1_r1_500

Ada sedikit tips.

Jangan pergi nonton pas weekend. Ini larangan!! Di weekdays aja kalau mau nonton, tiketnya gak semahal weekend. Jangan sekali-kali ngelirik popcorn bioskop. Mendingn ngunyah permen karet aja dari awal sampe film berakhir.

Trus kalau lagi diajakin kerja kelompok di cafe, percayalah, lebih baik kamu berangkat dengan perut yang udah keisi nasi goreng gerobakan. Harga makanan di cafe bisa dua kali porsi nasi goreng gerobakan. Bahkan dua kali harga gerobaknya.

Ya enggak.

Dan, kalau masih ingin survive, jangan ngecek saldo ATM kamu di akhir bulan. Karena dengan ngecek ATM, saldo kamu gak akan nambah. Ingat, perjalanan kuliahmu masih panjang, kamu belum skripsi. Jangan memperburuk batinmu hanya karena lihat saldo ATM yang nilainya bahkan lebih kecil dari hasil UAS Matematika.

tumblr_myr9xffx141s02vreo1_500

Tulisan ini bermanfaat? Klik tombol ‘share’ di bawah agar teman-teman kamu tahu!
Share this article and let your friends know!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s