Ini yang Harus Kamu Lakukan Menjelang SBMPTN

Kalau kamu anak SMA dan nggak tau apa itu SBMPTN, lebih baik kamu langsung ke kantor kepala sekolah dan minta wisuda besok. Setelah itu jangan sekali-kali muncul di hadapan publik. Jangan.

Ada beberapa tips menarik buat kamu yang mau menghadapi SBMPTN. Jangan salah, tips berikut langsung dari survivor yang berhasil lolos menghadapi ujian hidup. Setelah menumpas habis para musuh dan predator, mereka berdiri sebagai pemenang.

lebronshowsofftrophiesrussell

Berikut adalah hal-hal penting yang harus kamu lakukan menjelasng SBMPTN!

 

  1. Pilih dulu jurusan kuliah yang kamu minati. Ya masak ikut SBMPTN tapi gak milih jurusan. Trus apa gunanya kamu hidup, Habibah?

 

Pilih sesuai minat dan kemampuan kamu. Kamu tertarik di bidang apa nih. Kamu harus cari tau informasi sebanyak-banyaknya tentang prodi yang mau kamu pilih. Juga informasi tentang universitas pilihanmu. Trus kamu cari juga passing gradenya. Passing grade ini wujudnya persentase. Semakin tinggi passing grade suatu jurusan, biasanya akan semakin susah dan semakin banyak saingan.Ohya, jangan terlalu gengsi. Kalau misal kemampuanmu emang dirasa gak bisa nembus PTN A yang populer banget, lebih baik cari jalan lain. Tapi kalau kamu yakin dan mau berusaha banget, nggak masalah. Yang penting kamu nggak jomblo.

 

  1. Calon jurusan sudah kamu kantongin nih. Sekarang tinggal dengerin apa kata orangtua. Sebaiknya kamu diskusikan kemauanmu dan kemauan orangtua. Bicarakan keuntungan dan kerugian apa yang bakal kamu dapatkan kalau ambil jurusan A di PTN B. Hati-hati, kamu harus bener-bener dengerin apa kata orangtua. Apa pun masukan mereka, itu merupakan bentuk harapan mereka buat kamu. So, kalau usulan jurusanmu ditolak, better you talk to them and try to solve it together. Percayakan semuanya pada orangtuamu. InshaAllah dengan cara orangtua setuju atau enggak, Tuhan juga sedang menunjukkan jalan yang terbaik lewat mereka.

 

  1. Tada! Jurusan pilihanmu sudah deal. Sekarang tinggal bagi waktu untuk belajar. Kalau kata salah satu survivor, dia majang gede-gede tulisan jurusan + PTN idamannya di kamar dan itu bekerja! Kemarin aku juga gitu. Dan alhamdulillah, apa yang aku tulis dan bahkan aku pandang sebagai hal yang mustahil, sekarang jadi nyata 🙂
    Bikin tulisan nama prodi + PTN idaman kamu besar-besar. Tempel di kamar atau ditempat yang sering kamu jumpai. Setiap kali kamu lihat tulisan itu, kamu bakal selalu ingat kalau kamu sedang mengejar sesuatu yang penting. Sesuatu yang pasti dan bakal jadi milikmu. Jangan ngejar yang gak pasti mulu dong.

 

  1. Jadwal belajar. Kata salah satu survivor, kalau kamu sudah nentuin apa pilihan dan tujuan kamu nanti pas kuliah, kamu bakal secara otomatis semangat belajar. Karena kamu tau apa yang kamu kejar ini bakal bikin bahagia banget kalau berhasil kamu raih nanti. Kamu bakal selalu ngebayangin kalau kamu berhasil masuk PTN itu dan nggak tau lagi rasanya kayak apa.

 

Buat yang mau ambil jurusan PTN sama dengan jurusan pas SMA, kamu bisa belajar UN sambil belajar buat SBMPTN. Karena ya kita tau UN lebih dulu digelar dari pada SBMPTN. Jadi bisa belajar sekaligus. Kayak sambil berenang minum air lah. Tapi kalau nggak haus sih jangan soalnya biasanya ditambahin kaporit.

Nanti kan biasanya ada jeda kurang lebih sebulan kan habis UN menuju SBMPTN. Itu satu bulan kamu harus bener-bener konsentrasi ke SBMPTN. Konsentrasimu sebulan itu yang bakal nentuin masa depanmu 4 tahun ke depan. Camkan.

giphy5

Buat kamu yang tiba-tiba banting setir dan mau pindah jurusan, percayalah, ikut bimbel akan sangat membantu buat kamu. Karena kamu selama SMA nggak pernah melajarin pelajaran yang bakal dikeluarkan waktu SBMPTN pilihanmu kan. Sama kayak aku. Mau nyicil buat SBMPTN sejak awal kelas 12 juga serba salah. Masih ada UN yang harus dihadapin duluan dan materi belajarnya gak bisa digabungin sama materi SBMPTN.

Ini nih buat kamu yang memilih pindah jalur, lebih baik kamu mulai baca-baca sedikit materi SBMPTN mu. Misalnya kamu IPS dan berencana ambil keperawatan waktu kuliah nanti (serius kamu keren). Kan gak tiap hari tiap detik kamu habiskan buat belajar UN kan. Disela-sela waktu luang, kamu mulai tuh baca-baca materi IPA yang bakal diujikan waktu SBMPTN. Karena ya memang kan sejak SMA gak pernah dicekokin banyak tentang IPA. Alhasil, effort mu kudu ditekankan dan memang sangat berresiko. Tapi kalau kamu mau, pasti ada jalan.

Kata salah satu survivor SBMPTN, dia bahkan bawa buku latihan soal waktu pergi ke acara keluarga dan dia asyik ngerjain sementara yang lain ngobrol-ngobrol ceria. Latihan soal juga penting. Banyak-banyak ikut tryout SBMPTN yang diadain PTN atau bimbel-bimbel di kota kamu. Semakin sering ikut tryout SBMPTN, kamu semakin mudah membaca pola soal. Karena kata salah satu survivor, soal UN sama soal SBMPTN meskipun materinya hampir sama, tapi tipe soal mereka beda banget. Jujur, soal SBMPTN itu menjebak. Terjebak di SBMPTN aja susah apalagi di hatinya dia. Mending terjebak di ruang nostalgia sama Mbak Raisa.

tumblr_m6w62sivlf1qdn93co4_250

  1. Jangan lupa. Pilihan jurusan di SBMPTN ada 3. Pilihan pertama haruslah prioritasmu. Prioritas kedua di pilihan ke 2 dan prioritas terkahir di urutan pilihan paling akhir. Tapi jangan mentang-mentang pilihan ke 2 atau 3 bukan prioritas jadi kamu milihnya asal-asalan. Kalau hasil SBMPTN mu nggak memenuhi buat lolos di pilihan pertama, kamu bakal bergeser ke pilihan ke 2 sampai bahkan ke 3. Jadi kalau kamu milih ke 3 pilihan itu secara serius dan sesuai keinginan juga, nggak bakal jadi masalah besar kalau pun kamu lolos bukan di pilihan pertama.

Sudah tau kan? Kalau ketiga pilihanmu itu jurusannya IPS semua, kamu SBMPTN bakal ngambil yang jenis IPS. Begitu pula kalau ketiga pilihanmu itu jurusan IPA. Tapi kalau ketiga pilihanmu itu ada yang IPA dan IPS, kamu harus ambil SBMPTN yang jenisnya IPC/campuran. Di situ kamu ngerjain dua jenis soal: IPA & IPS. Otomatis waktu mengerjakan juga lebih lama dari yang lain.

Ohya, kamu nggak perlu mendalami semua mapel yang diujikan di SBMPTN. Terutama buat yang memutuskan untuk menyimpang dari jurusan di SMA. Dalami mapel yang menurut kamu itu mudah dan gak memakan waktu banyak buat kamu untuk mengerjakannya. Lagian kan waktu belajar untuk SBMPTN juga nggak banyak. Mapel yang menurtumu susah, sudah jangan terlalu dipikirkan. Karena skor penilaian waktu SBMPTN, nilaimu akan lebih berkurang kalau jawabanmu salah daripada kamu nggak ngisi jawaban. Mending nggak dijawab daripada nggak yakin dan malah salah.

 

  1. Daftar SBMPTN di websitenya. Kalau bingung, bisa tanya-tanya ke guru BK. Guru BK sangat berjasa sekali dalam penentuan jalan hidup kamu. Ada jadwalnya sendiri kok kapan bisa mulai daftar dan sampai kapan. Setelah daftar, kamu bakal dapat kartu ujian plus lokasi ujianmu. Kamu harus survey lokasi ujianmu H-1 sebelumnya. Biar nanti waktu hari H, kamu nggak bingung lagi cari-cari ruangan dan malah bikin waktumu habis.  Persiapkan juga alat tulis. Pensil 2B, rautan, penghapus, clip board. Jangan lupa kartu peserta wajib dibawa. Ohya, KTP! Waktu itu aku tiba-tiba dimintain KTP. Jaga-jaga aja.student-identity-badge-512
  2. Nah, hari H nih. Kamu harus berangkat pagi. Karena di hari itu, bakal ada ratusan siswa yang sedang dalam perjalanan menuju tempat ujian yang sama kayak kamu. Jangan terlambat. Masuk ruangan, rileks. Aku tau suasananya bakal tegang dengan masuk ruangan kecil gitu tapi yang ngelihatin kamu ada 2 sampai 4 orang. Tapi apapun yang terjadi, kamu harus tenang. Kalau kamu nggak tenang, semua yang sudah kamu simpan baik-baik di otak bisa kacau. Kata salah satu survivor, anggap aja SBMPTN itu kayak tryout kamu biasanya.

 

Banyak-banyak dzikir menjelang hari H. Waktu hari H juga. Sholawat. Minta semoga ujianmu dimudahkan. Baca surat Al-Insyirah sebanyak-banyaknya. Kata salah satu survivor, perbanyak ibadah juga InshaAllah membawa kemudahan saat kamu sedang dalam kesulitan. Perbanyak sedekah dan berbuat hal baik. Ibadah ditekankan. Doa terus jangan bosen-bosen. Karena kamu memperebutkan satu kursi PTN bareng ribuan anak di Indonesia.

Rencana B. punya rencana B juga penting. Selama kamu mempersiapkan diri untuk SBMPTN, kamu harus pintar-pintar membaca situasi. Paling enggak kamu punya rencana B kalau (naudzubillah) nggak lolos SBMPTN. Tes-tes jalur mandiri sudah mulai diumumkan sejak awal. Bahkan ada universitas yang sudah buka pendaftaran tes mandiri mereka sejak awal kamu masuk SMA. Itu bisa jadi perhitungan. Mulai cari-cari info tes jalur mandiri. Biar nanti kalau hal buruk terjadi pada hasil SBMPTN mu, kamu nggak terlalu bingung dan terpukul. Ada jalan lain yang masih bisa diperjuangkan.

 

  1. Yeah, akhirnya SBMPTN berhasil kamu lewati! Selesai tes kamu bisa langsung ke Disneyland. Kamu bisa istirahat sebentar atau beberapa hari. Sepertinya otakmu sudah panas. Sebelum mungkin kamu harus belajar lagi menghadapi tes jalur mandiri. Karena sebelum hasil SBMPTN keluar, kamu belum bisa ngerasa lega dan lepas dari beban. Tetap berdoa, mengharapkan apapun yang terbaik yang diberikan Tuhan.

 

Setelah hasil keluar, apapun yang terjadi, percayalah, Tuhan telah menyusun jalan yang terbaik. Kalau kamu diterima, alhamdulillah, kamu sudah bisa liburan sekarang. Yay! Tapi kalau kamu nggak diterima di PTN impian, bisa jadi karena Tuhan tau PTN tersebut bukanlah yang terbaik buat kamu. Jangan berkecil hati dulu. Masih tersisa satu jalan lagi menuju PTN impianmu: jalur mandiri.

tumblr_lyzegwtfin1r6ofyto1_500

 

Aku ngambil jurusan kuliah nyimpang dari jurusan SMA. Itu keputusan ternekatku dan sangat berresiko. Kalau ngambil jurusan yang sama kayak pas SMA kan nggak perlu susah-susah belajar dari nol untuk masuk PTN. Dan kemungkinan besar kamu bisa masuk PTN dengan selamat. Tapi lain ceritanya kalau mutusin buat kuliah di jurusan yang nggak sama kayak pas SMA.

Aku bukan anak IPS dan berencana kuliah di jurusan IPS waktu itu. Bahkan setelah mutusin untuk ikut SBMPTN IPS, aku sempet ber “jangan-jangan-aku-harus-vakum-setahun“. Yang bener aja itu pelajaran IPS cuma dapet di kelas 10 doang dan nggak ngefek apa-apa.

Jadi sejak awal-awal kelas 12, aku mulai baca-baca sedikit soal-soal dan materi terkait SBMPTN untuk IPS. Paling enggak aku udah ada bayangan sedikit kira-kira pelajaran IPS itu kayak apa. Setelah UN, aku langsung ikut bimbel dan bener-bener fokus sama pelajaran IPS yang bakal diujikan di SBMPTN. Plus, gak semua mapel IPS aku pelajari dalam-dalam karena memang waktuku nggak banyak. Guess what, aku lolos SBMPTN.  Aku dan beberapa teman-temanku yang bukan anak IPS, lolos SBMPTN IPS. Alhamdulillah. Ya meskipun aku lolos SBMPTN bukan di pilihan prioritas sih hehehe tapi paling enggak lolos SBMPTN aja udah suatu prestasi.

Persiapanmu sudah sampai mana nih? Semoga trik-trik ini bermanfaat dan semuanya diberi kelancaran dan kemudahan ya. Aamiin.

tumblr_luqk1mjasb1qb8o02o1_500

Tulisan ini bermanfaat? Klik tombol ‘share’ di bawah agar teman-teman kamu tau!

Advertisements

2 thoughts on “Ini yang Harus Kamu Lakukan Menjelang SBMPTN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s