[Film] Zootopia: Belajar Jadi Polisi Bareng si Kelinci

Lagi-lagi Disney ngeluarin film baru. Dan lagi-lagi ada aja moral dibalik film-film kocak Disney. Kali ini film Disney bertemakan hewan atau sering kita dengar dengan sebutan fabel. Menceritakan tantang negri dengan berbagai macam hewan modern yang bisa menjadi apapun.

Sudah nonton Zootopia?

Aku juga nggak tau kenapa itu kok March katanya …..

Barusan kemarin aku nonton dan ternyata filmnya di bioskop sudah beranjak habis wkwk. Sebut saja telat. Mungkin hari ini sudah nggak ada lagi di bioskop.

Di Zootopia, semua hewan berperilaku normal layaknya manusia. Mereka ya punya profesi. Ada walikotanya, ada polisinya, ada pedagan ini pedagang itu. Dan mereka pake pakaian. Trus mereka bakal kaget kalau lihat hewan yang gak pake pakaian. Diceritakan juga, Zootopia adalah tempat di mana siapapun bisa jadi apapun. Dan para pemangsa hidup rukun dengan mangsanya. Harimau, singa, rubah, semua hewan-hewan predator tidak lagi mengejar mangsa. Mereka semua hidup rukun.

Alkisah, ada sesekor kelinci betina yang pengen jadi polisi. Menurut sejarah mereka, dari dulu polisi nggak ada yang kelinci. Karena kelinci kecil banget. Dan rata-rata polisi di Zootopia itu kerbau, gajah, badak, hewan-hewan serem lainnya. Dan ini kelinci mau jadi polisi. Udah kelinci, betina lagi.

tumblr_o222aclzxe1sj5h4oo1_500

Namanya Judy Hopps. Akhirnya mimpinya sejak kecil untuk jadi polisi terwujud juga. Itu kan isinya polisi-polisi harimau, badak, singa. Judy selalu diremehin. Bahkan tugas pertamanya cuma disuruh jaga parkir di saat yang lain disuruh buat nyari 14 hewan yang hilang.

Tapi yah namanya tokoh utama, dia akan selalu beruntung.

Judy bolak-balik minta tugas yang beneran, sampe hampir dipecat sama kepala polisi. Tapi akhirnya dia nekat, mau nyelesaiin kasusnya ibu berang-berang yang lapor kalau suaminya sudah lama hilang. Kepala polisi ngancam dia, kalau dalam waktu 2 hari suami ibu itu belum ditemukan, Judy harus mengundurkan diri.

Tapi ternyata, pencarian satu bapak berang-berang, Judy berujung menemukan semua 14 hewan yang hilang.

Dalam pencariannya, Judy ditemani sama Nick si rubah. Dia pedagang yang licik. Judy memaksa Nick untuk membantunya karena dia punya bukti bahwa Nick belum membayar pajak selama 20 tahun dan mengancam akan dilaporkan kalau dia tidak mau membantu. Selain itu Nick mengenal semua penduduk Zootopia karena pekerjaan ilegalnya sebagai pedagang.

Nick akhirnya berhasil bantu Judy menyelesaikan misinya. Judy pun terkenal sebagai polisi pahlawan. Tapi ternyata ada pengkhiatan yang terjadi di pihak pemerintah. Pemerintah rupanya dalang di balik hilangnya 14 hewan tersebut. Kemudian deskriminasi kembali terjadi. Hewan-hewan predator dijauhi. Pemangsa dan mangsanya kembali hidup tidak rukun. Zootopia bukan lagi negri sempurna bagi para hewan.

Tapi lagi-lagi Judy berhasil menumpas segalanya. Dia mengungkap pengkhianatan yang dilakukan oleh pihak pemerintah. Zootopia pun kembali hidup rukun. Dan Nick, diangkat menjadi rekan polisi Judy. Wah, yang mulanya pedagang ilegal licik, bisa jadi polisi ya di Zootopia.

Aduh aku ketawa melulu waktu di bagian macan ini. Itu yang kanan macan penjaga administrasi di kantor polisi dan dia ngefans berat sama Gazelle, artisnya Zootopia (gambar kiri). Gazelle itu penyanyi, dan dubbernya adalah Shakira wkwkw. Itu soundtracknya juga yang nyanyi Shakira.

Ada juga scene yang waktu Judy sama Nick mau masuk ke markas mafia. Itu kastil yang jaga para serigala. Buat ngalihin perhatian para serigala, Judy sembunyi-sembunyi niruin suara serigala. Jadi tiba-tiba Judy melolong gitu. Trus ada satu penjaga serigala yang denger dan dia ngikutin. Trus temen si penjaga bingung, bilang kalau dia gak boleh memulai lolongan. Kata si penjaga: bukan aku yang memulai. Akhirnya mereka berdua melolong bersama. Trus semua serigala yang berkumpul di depan pintu kastil ikut melolong semua wkwk.

tumblr_o0b8znmrzx1tevo95o1_400

Trus scene yang paling aku suka pas lagi di layanan publik. Aku gak tau itu kantor apa pokoknya sejenis sama kepengurusan penduduk gitu. Dan di kantor itu semua karyawannya adalah si sloth alias kukang!

Ya ampunn I can’t stop laughing till now! Bayangin itu mereka lemot banget geraknya. Kenapa petugas layanan publik kudu kukang sihhh wkwk. You know lah kukang, binatang pemalas yang kerjanya cuma tidur. Dan sekarang mereka hadir sebagai pelayan publik!

Itu gambar kiri atas si sloth mau nyetempel lama banget. Yang kanan atas namanya Flash (seriuosly?!), dia kenalannya Nick dan dia yang ngelayanin Judy waktu mau meriksa nopol kendaraan. Itu si Flash dia mau ketawa sumpah. Ceritanya Nick ngajak guyon trus dia ketawanya telat dan lama. Udah gitu dia mau ngasih tau temen disebelahnya tentang guyonan Nick. Kebayang lamanya kayak apa padahal Judy lagi buru-buru.

Ini nih ada trailer Zootopia yang khusus nampilin scene Sloth. You have to watch!

Aduh aku lihat lagi ngakak lagi can’t help.

Judy : Officer Judy Hopps. How are you?
Flash: I am …. doing ….
Judy: Fine?
Flash: …well. What …. can I … do …
Judy: I was hoping you ..
Flash: ..for you …
Judy: Well, I was hoping you ..
Flash: … today?

Banyak moral yang bisa kamu ambil dari film ini. Yang paling utama, film ini ngajarin kita bertindak merata dalam artian tidak deskriminan. Predator dan mangsanya hidup berdampingan sementara beratus tahun yang lalu diceritakan bahwa hewan-hewan masih saling memangsa dan membunuh. Ada moral juga buat polisi. Judy merasa gagal jadi polisi karena dia membuat situasi bahkan menjadi buruk sementara dia barusan dianggap sebagai pahlawan.

Ini film semua umur kok. Gak ada adegan “membahayakan” buat anak-anak. Well, go watch it and have fun!

Tulisan ini bermanfaat? Klik tombol ‘share’ di bawah agar teman-teman kamu tau!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s