Jangan Khawatir, Menu Bar WordPress Kamu Bisa diatur!

Tau kan menu bar? Yang biasanya kalo di blog gitu paling atas trus ada pilihannya ‘home’, atau biasanya ditambahin ‘about me’. Kalo di blog ku ini kalian bisa lihat di paling atas itu ada Home, Books, Films, dan sebagainya sampe menu Author. Itu bisa kamu atur sendiri. Kamu bisa pilih menu apa aja yang bakal kamu tampilin di WordPress kamu.

Menu ini berguna banget buat me-spesifikkan tulisan kamu. Mungkin ada visitor yang pengen cari apa gitu di blog kamu, bisa lihat pilihan di menu yang kamu bikin!

nvaauzqsgacxgevugm75

Begini caranya:

Masuk ke WordPress kamu. Trus sentuh pilihan “Situs Saya” atau buat yang pake bahasa lain pokoknya yang ada di kiri atas WordPress kamu. Gak perlu di klik. Sentuh aja nanti dia keluar pilihan-pilihan perintah di bawahnya. Kayak gini:

Screenshot035

Setelah keluar perintah-perintah di bawah “Situs Saya” itu, pilih yang “Menu”, itu yang ada tanda panah merahnya. Klik! Kemudian akan keluar halaman ini:

Screenshot036

Nah, di situ kamu bisa atur menu-menu sesuka kamu.

Perhatikan dengan seksama!

Ada bar 1 dan bar 2. Di bar 2 itu berbagai menu yang bakal tampil di menu bar kamu. Lihat kan itu pilihan menuku, persis sama yang ada di bagian atas blogku ini.

Home itu kalau gak salah pengaturan menu yang orisinil bakal selalu ada. Jadi kalau ngeklik Home, kamu bakal balik ke tampilan semula blog kamu. Jadi menu Home jangan dihilangin.

Di bar 1, di situ ada pilihan-pilihan halaman/pos-pos/kategori yang bisa kamu pilih buat jadi menu kamu. Aku belum pernah pake yang halaman dan testimoni dan tautan kustom. Sejauh ini aku bikin menu cuma dari pos sama kategori.

Jadi gini, tentuin apa aja yang bakal jadi menu kamu di blog. Pertama nih, yang biasanya ada di halaman blog, yaitu menu untuk lihat profil penulis. Biasanya namanya ‘About Me’. Di sini aku pake judul menu ‘Author’.

Pertama aku bikin dulu post yang isinya berkaitan dengan informasi tentang penulis. Post yang cocok buat dijadiin menu ‘About me’.

Setelah postingan tersebut jadi, sekarang kamu bisa bikin dia jadi menu. Lihat gambar di atas itu. Di bar 1, kamu klik yang pos-pos, trus bakal keluar semua postingan kamu. Cari postingan yang kamu bikin tentang profil kamu, trus pilih. Tunggu loading, trus post mu bakal muncul di bar 2. Munculnya berbentuk kayak yang digambar aku tunjukin itu di atas.

Jadi kan, sudah ada 2 menu kamu punya. Trus aku mau masang menu lain nih, biar kalo di klik, langsung menuju post-post ku yang bahas lagu-lagu. Kan aku sudah punya banyak postingan yang bahas lagu, dan semuanya udah aku kasih label kategori ‘Lagu’ gitu. Jadi gampang masukinnya ke menu.

Di bar 1 klik kategori. Nah itu bakal keluar semua kategori-kategori yang sudah kamu bikin buat postingan kamu. Aku punya kategori ‘lagu’. Jadi aku pilih kategori itu buat dijadikan menu. Tada! Menu kategori ‘lagu’ muncul di bar 2. Di menu itu isinya semua postingan ku yang bahas lagu. Gitu. Akhirnya sudah punya 3 menu deh: Home, About Me, dan Lagu.

Kalo mau gampangnya sih gitu. Tambahin kategori di tulisan kamu, biar gampang dijadikan menu.

Ohya, buat pilihan Format Kustom di bar 1, itu bisa kamu pilih, trus dijadikan menu. Jadi kayak kamu bikin link gitu di menu kamu.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini bermanfaat? Klik tombol ‘share’ di bawah agar teman-teman kamu tau!

Leave a Reply

