Beginilah Cara Mudah Memasang Icon pada WordPress

Kebanyakan orang mungkin kenalnya dengan sebutan Favicon. Itu adalah icon pilihan kamu yang kamu pake buat jadi icon blog. Kayak gini:

Screenshot028

Itu yang gambar bintang di blog ku namanya Icon.

Dari dulu aku pengen banget bisa masang gituan di blog. Abisnya sekarang banyak banget blog-blog WordPress yang pake icon gitu juga kan aku mauuu. Trus aku searching melulu gimana cara apply buat yang WordPress. Tapi setiap aku nemu postingan isinya selalu nyuruh pake aplikasi apa dulu gitu, trus diutak atik dikit, baru deh bisa masang icon.

Ya aku males gitu kalo pake install aplikasi buat masang icon doang. Akhirnya aku biasa aja gak pake icon-iconan. Trus pas kemarin lagi ngutak-atik blog, gataunya aku nemu setting di Worpdress yang bisa ngatur icon! Wow! Aku baru sadar! Gatau itu udah lama di situ apa batu-baru ini, yang jelas aku langsung bergerak untuk masang icon! Yay!

Begini caranya..

Kamu udah kan masuk ke WordPress kamu. Trus ada tulisan “Situs Saya” atau yang Worpdress nya pake bahas lain, pokoknya klik pilihan yang ada di kiri atas blog kamu.

Screenshot029

Sudah kamu klik. Masuk kan berubah tampilannya jadi yang serba biru-putih itu. Trus di side bar nya ada gambar alamat blog kamu. Lihat gak? Ini gambarku udah ada iconnya soalnya udah kuubah. Gambar awalnya kalo gak salah lambang WordPress.

Screenshot030

Itu di side bar paling atas, kamu klik yang ada 3 titik itu.

Screenshot031

Setelah klik 3 titik itu, yang awalnya alamat blog kamu, tulisannya berubah jadi “Edit Icon”. Ingat ya itu aslinya bukan gambar bintang, cuma karena aku udah ngubah hehehe. jadi maloe. Itu aslinya belum ada gambar apa-apa kalo baru mau nambahin icon.

Setelah klik “Edit Icon”, kamu bakal di bawa ke halaman lain di tab baru.

Screenshot032

Tadaaa! Sampailah kalian di setting ngubah icon. Kayaknya kalo udah sampe sini udah bisa jalananin sendiri ya. Jomblo banget deh jalanin sendiri.

Nanti di sebelah kiri bakal muncul kotak icon itu. Persis kayak gambar di atas. Ingat! Itu gambar awalnya bukan bintang!!

Trus klik “Choose File”, kamu bakal dibawa ke jendela baru yang nunjukin isi di galeri laptop kamu. Jadi kamu pake icon yang udah ada di laptop kamu.

Setelah itu kamu digiring untuk nge-crop image yang udah kamu pilih dari laptopmu:

Screenshot033

Itu gambarku formatnya png. Jangan panik kalo tepiannya hitam gitu. Nanti yang ke-apply tetep berformat png kok. Klik “Pangkas Gambar”.

Dan, tadaaa!

Screenshot034

Icon mu sudah siap dipake! Itu ada tiga gambar. Mungkin maksudnya tampilan icon mu dalam berbagai macam ukuran.

Kemarin pertama kali aku ngubah icon, emang nunggunya agak lama gitu. Setelah ku refresh halaman blogku, iconnya tetep belum berubah, masih yang lambangnya WordPress itu. Tapi jangan khawatir, dia pasti bakal berubah. Kamu yang sabar aja menghadapi dia. Dia selalu bertingkah aneh di depanmu.

Ohya, gambar-gambar icon itu kamu bisa buat sendiri loh. Aku gak mahir bikin gambar format png jadi aku searching deh hehehe. Gak mesti png kok, format jpg juga bisa. Aku udah berapa kali ganti icon ya kemarin wkwk. Nyoba-nyoba gitu kan ceritanya. Tapi aku belum pernah nyoba pake gambar gif yang gerak-gerak gitu. Mungkin kalo kalian ada yang pake gambar gif bisa dong kasih tau gimana hasilnya 🙂

Ohya jangan lupa, icon ini nanti yang muncul gambarnya kecil loh. Di ujung atas tab browser kan. Jadi saranku, cari gambar yang bentuknya sederhana aja biar bisa dilihat meskipun ukurannya kecil. Kayak bentuk bulat, segi empat, atau apa yang sederhana. Tadi aku nyoba ganti gambar es grem tapi jadi gak kelihatan itu bentuk apa. Iya es grem. Es grem. Es grem.

Sekian. Selamat mencoba! Boleh lah cerita-cerita kalo udah berhasil ganti icon ❤

Tulisan ini bermanfaat? Klik tombol ‘share’ di bawah agar teman-teman kamu tau!

Leave a Reply

