Drama Korea: Reply 1988

Sebenarnya aku emang gak niat buat mengulas drama korea ini. Karena emang tayangnya udah agak lama dan aku nontonnya beriringan sama jadwal serialnya di tivi, jadi kurang kerasa. Ini pertama kalinya aku ngikutin drama tayang.

Nontonnya via web. Jadi seiring sama munculnya drama ini di tivi, web-web drama juga ikut rilis per episod. Ikut-ikutan nungguin episode selanjutnya yang bikin penasaran. Karena biasanya aku nonton drama yang udah komplit yang softfile nya udah banyak dipunya orang wkwk. Kan nontonnya gak putus-putus tuh kalo komplit, jadi lebih kerasa karena cerita episode-episode yang sudah lewat masih seger banget di ingetan. Lebih emosional. Berhubung drama Reply 1988 ini aku nontonnya putus-putus, jadi gak seemosional biasanya.

Tapi kata siapa drama ini gak emosional?!

reply-1988-525x564

Nanyanya aja udah emosi ini!!

Jadi aku suka banget sama drama ini. Kalau kalian belum nonton dan berpikir panjang untuk nonton, udahlah nonton aja. Gak nyesel.

Kecuali …

Kecuali …

Kecuali kamu pendukung orang yang salah HAHAHAHA.

Seperti drama-drama serial Reply sebelumnya, plotnya selalu mengandung rahasia. Reply ini udah muncul 3 macam. Reply 1997, Reply 1994, sama yang baru ini Reply 1988. Tapi cerita dramanya bukan bersambung lo. Aku nggak lihat emang yang 1994, tapi ceritanya juga selalu bikin penonton penasaran dan gregetan sendiri. Yang paling aku suka dari Reply 1988 ini, ceritanya kompleks banget! Nggak sekedar percintaan doang ya udah biasa. Ada kekeluargaan sama pertemanan. Duh aku suka banget. Itu ada 5 keluarga tinggal di gang kecil yang sama, terus mereka deket banget malah kayak keluarga besar. Saling peduli sama tetangga. Kekeluargaannya kental banget.

Kalo komentar temenku, dia di episode pertama aja udah nangis-nangis wkwk. Aku sih nangisnya dibagian credits list yang terakhir ya sorry.

Dan seperti biasa, alurnya mundur. Di Reply 1997 juga gitu. Ceritanya kayak flashback gitu. Trus pasti di cerita masa kininya, si tokoh utama sudah nikah dan yang jadi suamiinya adalah salah satu tokoh yang terlibat di masa mudanya dulu. Wah, sumpah ini kamu gabakal bisa tau si suami ini siapa sampe kamu selese nonton. Soalnya di scene masa kini si tokoh, suaminya ditujukin secara gak utuh. Trus nanti bakal muncul satu per satu ciri-ciri yang muncul. Dan kamu bakal mulai bikin spekulasi dari ciri-ciri tersebut, kira-kira yang manakan yang bakal jadi suami si tokoh utama.

Nah, yang paling ngeselin nih, Reply 1988 ini pemeran versi muda dan versi tua mereka beda orang!

answer2bme2b1988

Itu foto mereka berlima. Anak-anak seumuran yang tinggal di gang kecil tersebut. Suka banget sama cerita persahabatannya. Mereka kayak peduli banget gitu kalo salah satu punya masalah atau apa. Ini masa mudanya mereka. Tokoh utamanya itu yang cewek. Nah, di scene masa kininya, si cewek ini bakal nikah sama salah satu dari empat sahabat laki-lakinya.

b9d5f5fa-597c-40a6-8b48-46f5b083e2f4

Nah ini scene masa kini mereka. Yang perempuan itu versi tuanya tokoh utama, dan yang laki-laki itu suaminya. Pemerannya beda kan wkwk. Ngeselin banget bikin susah ditebak. Kira-kira siapa ya di antara keempat sahabat si cewek ini yang bakal dinikahinya?

Ada 2 kemungkinan. Dan 2 kemungkinan itulah yang bikin jagad heboh kacau balau wkwk. Semua punya bukti-bukti dan ciri-ciri yang dikumpulin dari suami versi dewasa sama pas dia masih muda. Semua heboh. Semua mau yang didukung yang jadi suami si cewek. Kamu sudah nonton? Tebakanmu benar atau salah?

Udah jadi ciri khas banget serial drama Reply selalu bikin penonton penasaran dan geregetan sama suami si cewek tokoh utama. Nggak cuma itu, serial drama Reply selalu dibumbui sama cerita-cerita hangat khas keluarga dan sahabat. Dan nggak kelewatan juga kocaknya. Aduh ada aja yang bikin ketawa.

Dan ini, yang bikin aku mau nulis tentang drama ini, gara-gara aku barusan kemarin nemu soundtracknya hehe. Soundtrack khas Reply 1988 ini kalau kamu udah nonton. Yang nyanyi Park Boram, judulnya Hyehwadong. Aku gatau arti judulnya apa, mungkin ada yang mau ngasih tau. Aku selalu merinding kalo denger lagunya (padahal gangerti artinya). Jadi bikin inget sama filmnya kan, mana filmnya mengharukan lagi. Aduh aku nangis berapa kali ya. Dan setelah cari artinya, ternyata cukup menyentuh. Sok atuh kalo mau dengerin.

Ini audio via YouTube, ada lirik korea sama arti bahasa inggrisnya, klik di sini.

Yang ini audio via YouTube juga, tapi gak ada lirik bahasa Inggrisnya. Tapi versi alphabet koreanya dipisah-pisah gitu jadi gampang dibacanya, klik di sini.

Kira-kira bakal ada lagi gak ya serial Reply selanjutnya? Duh semoga ada lagi ya. Berisi banget dramanya, banyak pesan moral, banyak yang suka. Kalau ntar ada, siapa yang bakal main ya? Lama-lama judulnya ntar Reply 1945 trus setting tempatnya di Indonesia. Perfect.

Advertisements

3 thoughts on “Drama Korea: Reply 1988

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s