The Childhood Block

Pagi.

Libur semesteranku masih lama. Ada yang sama? Ada lah, sak kampus.

Kemarin-kemarin, tanggal berapa aku lupa, aku dikasih kesempatan buat berkunjung ke komplek masa kecil. Ea. Udah berapa tahun aku belum pernah ke sana lagi. Kemarin ke sana karena keperluan sama Tante yang sekarang tinggal di rumahku dulu.

Kalian mengalami hal yang sama nggak? Masa kecil kalian dihabiskan di suatu tempat, trus akhirnya pindah ke tempat lain.

Dulu, dari setelah aku lahir beberapa tahun, keluarga tinggal di Sidoarjo. Sampe aku mau masuk ke jenjang SMP, akhirnya pindah ke Malang. Dan kemarin, pas datang lagi ke rumah lama di Sidoarjo, rasanya kayak, ya ampun aku udah sebesar ini. Pas masuk rumah gitu, kerasa banget rumah yang dulu itu kecil. Kitanya yang bertumbuh besar. Dulu aku bisa sembunyi-sembunyi main di balik dinding pagar, sekarang bahkan jongkok aja udah kelihatan. Dulu buat ngambil barang di atas kulkas yang sekecil itu kudu loncat-loncat dulu.

Ternyata masa kecilku dulu asik. Kenapa media sosial gak ada sejak dulu Ya Allah, aku kan jadi lupa sama temen-temen masa kecil. Yang masih aku inget sampe sekarang, dia temen SD ku yang tinggal beberapa blok dari rumah. Kita sekarang satu kampus di Surabaya, alhamdulillah masih bisa kontakan.

Dulu aku tinggal di perumahan Mutiara Citra Asri di blok C di Sidoarjo. Gang di sebelah-sebelahku banyak banget temen-temen seumuran. Kemarin pas ke sana sama Mama, kita berusaha nginget-nginget temen-temen kecilku dulu. Emang Mama sih yang masih banyak ingetnya. Aku udah agak lupa.

Banyakan temen TK. Ada di gang belakang rumah itu mesti rame anak-anak. Di gang ku emang gak banyak anaknya, tapi seru. Suka gitu tiba-tiba masuk ke rumah tetangga di depan. Main sama anaknya yang masih kecil pas itu.

Asik, suasana film Reply. Habis gini aku bikin Reply 2003.

Seru banget. Ternyata dulu aku suka main ke rumah temen-temen. Pas di sebelan rumahku ada keluarga dengan dua anak. Aku juga dulu sering main ke sana. Yang aku inget, aku belajar ngomong ‘r’ di rumah itu. Entah sama anak yang mana. Kemarin pas aku ke sana, keluarga itu masih tinggal di sana, persis di sebelah rumahku.

Di sebelah rumahku sisi satunya, jarak satu rumah, ada juga anak perempuan yang sering banget main bareng. Dia kakak kelasku di SD, beda setahun. Aku serrrrrringgg banget main ke sana. Sebelum aku pindak ke Malang, dia duluan pindah ke perumahan lain di kota yang sama. Terakhir aku ke Sidoarjo, kata Mama, keluarga itu udah gak di Sidoarjo lagi, udah pindah lagi. Gak ada kabar.

Di gang depan, di sebelah rumahku, ada juga anak perempuan, umurnya di bawahku, di bawah adikku juga, tapi kita sering banget main bareng. Dia selalu kita (aku & adikku) ajakin main ke rumah dan nginep. Biasanya nginep dadakan gitu. Jadi Ibunya gatau kalo dia nginep. Biasanya boleh. Tapi kalo gaboleh, pasti kakak laki-lakinya dateng ke rumah malem-malem jemput dia wkwkwk.

Ada lagi, anak perempuan yang satu TK sama aku. Rumahnya agak jauh, deket masjid komplek. Aku suka banget main ke rumahnya dulu. Mesti diajakin nari-nari lewat vcd wkwk. Aku inget itu pertama kali aku tau lagu “Asereje” di rumahnya. Trus dia pernah nangis pas aku lagi main ke sana, gara-gara disuruh makan sama mamanya, dia gak mau.

Trus ada lagi. Aku inget banget. Tapi kayaknya ini TK deh, lebih lama. Anak laki-laki, rumahnya beda blok, tapi aku sering main ke sana. Yang aku inget, aku kalo ke rumahnya main komputernya dia biasanya. Itu yang paling aku inget.

Nggak jauh dari rumah anak laki-laki itu, ada anak perempuan sepantaran adikku kalo gak salah. Nah, anak ini yang ingatanku masih fresh wkwk. Soalnya masih berhubungan terus sampe umurku SD akhir menjelang pindah. Dia selalu sama aku, sama adikku juga, kalo pas Agustusan, kita nari bareng bertiga HAHAHAHA. Biasanya menjelang tampil gitu, dia ke rumahku, latihan bareng pake vcd tutorial nari. Foto pra-nampil kita bertiga masih ada sumpah. Pake kaos sama jeans kembar, trus bandananya beda-beda.

Kalo gang yang pas di belakang rumahku, di sana banyak anak-anak seumuranku. Aku inget pas itu ke acara ulangtahunnya dia pas hujan-hujan di rumahnya. Di gang itu, rumah paling pojok, satu-satunya temen kecilku yang masih eksis sampe sekarang wkwk. Gataunya kita satu SMP di Batu. Selebihnya, entah kabarnya gimana.

Yang asik itu pas TK. Aku inget banget, selese sekolah, kan ibu-ibunya pada bikin les-lesan sempoa. Jadi beberapa anaknya gitu gabung, lesnya selalu di rumah si A. Aku expert banget pas itu. Tapi cuma sampe level 2B wkwkwk. Aku dulu TK di Raden Patah Sidoarjo. Ada kolam renangnya. Trus di sebelah bangunan TK kami ada rumah tua yang biasanya kita intipin kalo lagi main perosotan.

SD ku di Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Gak ada ingatan yang spesifik sih kalo masa kecil pas SD. Cuma ini nih yang lagi istimewa: masa kecil di komplek. Sumpah kemarin pas aku ke sana kayak semua mengecil wkwk. Gimana kabar si A, kabar si B. Andai dulu udah ada sosial media ya ….. Ya gak bakal paling aku main-main ke rumah temen-temen wkwk.

Yang rumahnya deket masjid komplek itu namanya Tata. Yang rumahnya jarak satu rumah dari aku namanya Mbak Nabila. Yang aku suka main komputer di rumahnya itu namanya Akbar. Dan kabar mereka sekrang gimana, aku gak tau.

Pengen balik masa kecil rasanya.

Leave a Reply

