Psikologi Universitas Airlangga

Tiba-tiba keinget kampus habis lihat postingan Instagram temen-temen yang baru diterima BEM dan (mungkin) habis rapat gitu jadinya mereka pada kumpul.

So, kamu mau masuk fakultas psikologi Unair? Yak, kamu sedang pada situs yang tepat! Catatan Hati Seorang Mahasiswi Psikologi Unairi (biar asik ada rimanya).

dsc_0038-768x509
Fakultas Psikologi Unair tampak depan (dalam foto: divisi Kastra BEM Psikologi UA 2016)

Universitas Airlangga itu apa sih? Pasti anak-anak SMA udah familiar banget ya denger nama-nama Perguruan Tinggi gitu even gak ngerti lokasinya di mana yang penting denger aja dapet informasi gitu Alhamdulillah.

Jadi, you might hear it as Universitas Airlangga or Unair or UA, located in Surabaya with their 3 campuses. Ada kampus A, kampus B, kampus C, dan gak saling berdekatan nempel gitu. Paling enggak dari kampus satu ke kampus yang lain kamu butuh kendaraan.

Kampus A isinya bidang-bidang kedokteran. Kampus B semua bidang sosial-humaniora dan kampus C isinya bidang saintek kecuali Fakultas Farmasi yang sekarang lagi di kampus B karena gedungnya sedang dalam pembangunan di kampus C.

Nah, Fakultas Psikologi ada di mana ya? Yak, tepat! Di ITS!

Enggak lah ya. ITS isinya teknik semua dan mas-mas cakep.

Fakultas Psikologi ada di kampus B tepatnya di daerah Gubeng & Dharmawangsa sana kalo kamu pernah lewat gitu. Di depannya rumah sakit dr. Soetomo pas! Seperti yang kita tau, di dalam universitas biasanya bakal terbagi menjadi berbagai macam fakultas. Terus di dalam fakultas bakal ada jurusan-jurusan. Kayak misalnya FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), di dalamnya bakal ada jurusan komunikas, jurusan hubungan internasional, jurusan antropologi, jurusan sosiologi, dan sebagainya. Nah tapi, fakultas psikologi Unair isinya ya cuma jurusan psikologi. Otomatis seangkatan orangnya juga gak banyak. Jadi maklum kalo gedungnya emang rada kecil dan pada gampang ngenalin sesama orang psikologi karena jalan dikit ketemu, mundur dikit nabrak.

Aku sekarang alhamdulillah udah mau skripsi (tiga tahun lagi tapi). Aing mah mahasiswa segar bugar baru lulus SMA masih bau ingus kena tugas dikit udah pengen nikah rasanya.

Gimana rasanya kuliah di Psikologi Unair? 

Aku baru masuk 1 semester emang. Kemarin barusan selesai UAS alhamdulillah ini lagi liburan. Kalo mau nanya pengalaman kuliahnya alumni SMA yang masih fresh from the oven, sumpah jangan tanya soal sistem kuliah. Karena emang kalo belum ngerasain kamu gabakal paham soal sistemnya. Cuma aku mau bagi-bagi gimana sih rasanya rendang balado kuliah di psikologi Unair.

1430389140586
Tampak dalam Aula Fakultas Psikologi Unair

Kemarin 1 semester belajarnya ada 9 mata kuliah atau lebih beken disingkat matkul. Dan kalo kamu tau matkul-matkulnya apa aja, wuiiiihhh sumpah seru banget. Buat kamu yang emang pengen banget mendalami Psikologi, cocok dah sini aja.

Ternyata belajar psikologi gak segampang membalikkan badan pas tengkurep sambil nahan bata di atas kepala biar gak jatuh. Susah sih kalo gitu.

Cuma buat kamu yang emang tertarik gitu belajar psikologi, hayuk teh cobain kuliah di sini. Kalo aku emang penasaran gitu kan Psikologi sebenarnya belajar apa sih. Berakar dari usulan orangtua biar aku masuk psikologi aja, akhirnya aku bertekad bulat biar bisa tembus menaklukkan universitas ini. Aku masuk kemarin jalur mandiri hehehe. Waktu itu ikut SBMPTN tapi diterimanya di pilihan ketiga. Akhirnya nyoba mandirinya Unair alhamdulillah dapet.

Kalau bisa, masuknya lewat SBMPTN aja. Gak susah-susah banget kok kalo kamu belajar. Serius. Jangan takut. Terutama buat kamu mungkin yang asalnya dari jurusan yang gak IPA atau IPS. Kan SBMPTN pilihan soalnya cuma IPA atau IPS doang. Dan SBMPTN gak mandang asal jurusanmu.

Misalnya gini. Aku mau ambil pertanian nih pas SBMPTN. Trus aku harus nempuh tes SBMPTN yang kategori IPA karena pertanian kan jenisnya IPA tuh. Yang penting aku sukses jawab soal-soal pas tes dan bravo aku bisa lulus deh. Gak ngurus kamu dulu jurusan apa pas SMA yang penting kamu bisa lolos SBMPTN aja yaudah masuklah kamu di fakultas impian. Apa mungkin kamu mau ambil jurusan yang IPS nih pas kuliah. Ya kamu cukup belajar materi-materi IPS terkait soal SBMPTN yang bakal diujikan.

Nah, psikologi Unair ini masuk kategori IPS atau biasa disebut Soshum (Sosial Humaniora). Kamu perdalami soal-soal SBMPTN yang IPS biar bisa tembus. Jadi kan gini sistemnya: daftar jalur undangan/SNMPTN, gak lolos, ambil jalur SBMPTN, gak lolos, baru ambil jalur mandiri. Makin ke sini makin mahal. Nah, perjungkanlah SBMPTN karena SNMPTN/undangan hanyalah harapan semata.

4vo0mef

Tapiiiiiiiiii, kemarin aku matkul semseter 1 ada yang biologi bangettt wkwkw. Namanya matkul Biopsikologi. Ini keren nih. Gimana hubungan antara apa yang ada dan terjadi di dalam otak sehingga bisa memengaruhi perilaku kita. Ntar ada lagi matkul yang bahas tentang sikap-sikap. Ada tentang pengaruh-pengaruh luar terhadap perilaku kita. Trus yang bikin angket pake skala-skalanya gitu, iya itu juga bakal dipelajari di semseter selanjutnya. Ada juga yang melajarin soal sejarah dan macam-macam aliran psikologi. Bisa klik di sini buat tau lebih banyak matkul yang dipelajari di Psikologi Unair.

Trus juga, di Psikolgi Uanir tuh ada situs khusus kegiatan peraakademikan mahasiswa. Pasti di universitas atau fakultas lain pada punya ya situs-situs kayak gitu. Kalau situs kita namanya Psyche, alamatnya Psyche bisa dicek. Tapi cuma bisa diakses sama mahasiswa aktif Psikologi Unair ya hehe. Di sana isinya ada macem-macem. Biasanya pengumuman-pengumuman gitu diumuminnya ya di Psyche. Trus juga tugas-tugas kuliah ada di sana. Materi kuliah juga. Ngumpulin tugas juga biasanya online, tinggal upload aja di Psyche sesuai deadline. Segalanya lah.

Nah, ujain kita nih biasanya online, Guys. Ya di situs itu tuh, di Psyche. Jadi kita ujian nggak pake dibagiin kertas segala. Kita perlu bawa laptop tiap kali ujian. Itu juga tergantung sih dosennya mau kasih ujian online atau dalam bentuk pengumpulan tugas. Ujian online ini bentuknya multiple choice, Guys. Hehehe asik ya. Dan halaman ujian di Psyche cuma bisa diakses pake wifi khusus ujian. Jadi ujian kita meskipun online nggak akan bisa dikerjain di tempat lain selain kampus psikologi. Tapi nggak semua ya matkul kita ujiannya online. Biasnya yang nggak online tuh matkul MKWU, matkul yang diadain universitas dan wajib diselenggarakan di tiap-tiap fakultas. Karena soalnya bukan dari psikologi, jadi ujiannya biasanya tertulis, bukan online.

Di Psikologi Unair ini ada 4 peminatan. Peminatan ini bisa dipilih waktu semester 5 atau 6 ya, aku lupa. Ada psikologi organisasi, klinis, perkembangan, dan sosial. Lebih rincinya sih aku nggak ngerti banget. Bisa di googling kok. Karena pembagian bidang-bidang psikologi udah umum, bukan cuma di Unair. Cuma aku nggak tau kalau di universitas lain peminatanya dibagi jadi berapa.

Monggo ada banyak universitas yang nawarin progam pendidikan psikologi. Psikologi itu ilmunya unik banget. Kalo kata dosen, psikologi itu banci. Gak IPA gak IPS. Karena emang ada banyak hal ilmiah semi biologis gitu yang bisa bersangkutan langsung dengan perilaku kita. Ohya, ada juga loh universitas yang Psikologi nya malah masuk jenis Saintek alias IPA.

Semangat buat yang lagi nyari-nyari universitas idamannya. Semoga apa yang didapatkan nanti adalah apa yang terbaik yang dipilihkan Allah buat kita semua aamiin. Eh UN aja belom ya.

Ohya ini ada blog keduaku atas tuntutan profesi mungkin bisa dicek kali ini lebih bermanfaat dan bermartabat : adelia-psikologi15.web.unair.ac.id

 

Advertisements

22 thoughts on “Psikologi Universitas Airlangga

  1. kak, memangnya, kalau mau ikutan SBMPTN nya di Airlangga itu, harus ujiannya disana ya kak? Soalnya aku juga tertarik untuk masuk psikologi, tapi. Surabaya itu jauh dari tempat tinggal aku sekarang..

    • Hai! Jadi, SBMPTN itu diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dan digelar di banyak kota. Meskipun pilihanmu unair, kamu tetep bisa kok SBMPTN di kotamu. Tempat ujian SBMPTN mu nanti nggak tergantung sama lokasi universitas pilihanmu. Kalau masih blm jelas, mungkin bisa dianyain ke guru BK di sekolahmu, biasanya mereka yg paling paham kalau soal ini eheheh. Ngomong2 salam kenal dan makasih sudah mau mampir 🙂

  2. Kak mau tanya klau di prodi psikologi itu harus pinter banget gitu ap gimana soalnya ak tanya temen ak yg ngambil prodi psikologi itu harus cerdas gitu banyak tugas terus emang bener y harus cerdas mungkin iq nya diatas rata2 gitu ? Soal nya ak dari jurusan ipa kemarin ak juga udh ikut SNMPTN milih psikologi gagal SBMPTN psikologi gagal dan itu pilihan pertama semua unair

    • Oh halo Mr X!
      Kalo di fakultas ku psikologi unair sih emang banyak tugasnya wkwk dan ya gabisa dibilang gampang lah. Tp kalo soal cerdas dan IQ, hm, kayaknya ga ada kriteria semacam itu deh utk bisa lolos msk psikologi unair. Aku sendiri msk psikologi unair asalnya bkn dari org ipa dan ips. Jadi aku bener2 belajar soshum dari nol untuk bisa ikut tes perguruan tinggi.
      Dan kalau boleh mandang dari sudut lain sih, banyak faktor kok yg bisa bikin harapan kita tercapai atau engga. Dan faktor2 itu ada aja yg di luar kuasa kita eheheheh.
      Sebelumnya makasih banyak sudah mau mampir 🙂

      • Mkasih utk info sblmnya 🙂 ak mau tanya lagi disana klau smstr 1 tugas”nya kyak gimana sih.trus yg dibuat patokan nilai pada ipk itu hasil ujian atau tugas ap campuran.tugasnya klau boleh tau apa aja presentasi atau klompok apa gimana tolong dijelaskan y ! Maaf kalau banyak tanya

      • Mkasih utk info sblmny
        Kalau boleh tau tugasnya biasanya ap aj di smstr 1? Tolong dijelaskan. Presentasi atau tugas klompok atau individu
        Maaf kalau banyak tanya

      • Mkasih utk info sblmnya 🙂
        Klau boleh tau tugasnya di smstr 1 itu ap aja ? Presentasikah atau makalah dan kuis” sperti PR SMA mungkin individu atau klompok tolong dijelaskan !
        Maaf y kalau saya banyak tanya ! 🙂 skligus minta doanya supaya lolos sbmptn 2017 Psikologi unair #ksatriaAirlangga2k17

      • Yap itu semua yg kamu tanyakan sudah mencakup semua tugas kita hehe. Presentasi ada, makalah ada, kuis juga ada. Tugasnya ada yg individu ada yg kelompok, tergantung matkulnya apa dan dosennya mau ngasih tugas yg kayak gimana.
        Okesip, semoga bisa lolos sbmptn taun depan! Sampai ketemu di kampus ungu :))

    • Halo Nami, wah kebetulan aku sendiri kurang tau sistem SNMPTN kayak gimana hehe. Mungkin bisa ditanyakan ke guru BK langsung di sekolahnya.
      Btw, terimakasih sudah mau mampir 🙂

  3. haloo kak mau tanya nih kakak masuk psikologi unair lewat jalur apa ya? kalok sbmptn? kakak mengerjakan sola yang apa aja
    hehhe mohon dijawab ya ka

    • Halo juga. Aku kmrn sempet ikut sbmptn tapi karena ga lolos jadi aku ikut mandirinya unair. Bisa dibaca lg cerita lengkapku di atas ya. Trus maksud pertanyaan “ngerjain soal yg apa aja” tuh gimana maksudnya ya hehe. Aku waktu sbmptn ngerjain soal apa aja gitu? Ya semua soal yg aku bisa ya aku kerjain. Soal yg aku ga ngerti baru nggak aku kerjain. Gitu.

  4. Ka mau nanya dong, ada ngga sih satu atau beberapa point penting yang nilainya harus tinggiㅡbiar diterima pas masuk lewat um?

  5. Kak mau tanya di psikologi unair ada matematika statistik nggk ? soalny ak kemarin searching kok nggk ada tpi sblmny ada statistik klau gk slh di semester 4 atau 3

    • Halo! Iya memang kita belajar statistik juga hehe karena bikin penilaian hasil tes butuh pake statistik. Bener banget, di smt3 memang sudah mulai ngitung2 pake statistik.

  6. Kak di psikologi unair ada matkul matematika statistika nggak ? Soalnya ak kemarin searching kok g ada sebelumnya kok g ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s