Bye Sekolah, Hai Kuliah

Siang. Semua. Apa. Kabar. Kira. Kira. Jam. Setengah. Tiga-an. Pasti. Yu. Bacanya. Putus. Putus. Ya. Alhamdulillah. Q. Nulisnya. Pun. Putus. Putus.

Di siang hari yang Alhamdulillah gak bolong ini, aku super nganggur. Tiba-tiba keinget blog yang kira-kira udah kayak Gua Tsur ini. Berdebu. Bersarang.

Apa sih yang bisa ngalahin bekennya masalah kuliah di antara alumni SMA kayak kita gini? Masalah kerja? Oke yang bediri di sana, masalah nikah? Ya, mbak yang baju kuning, masalah uang? Oke mas yang jomblo, masalah pacar?

Masalah kuliah emang lagi hits tiap akhir tahun ajaran sekolah. Ngartis terus ya Mas tiap taun. Tapi yang masuk kuliah gak cuma alumni SMA yang lulus pada taun tersebut. Alumni taun lalu bahkan dua taun yang lalu pun ada. Mungkin memang sengaja gak kuliah satu tahun setelah lulus SMA, atau sudah masuk kuliah vokasi tahun lalu trus tahun depannya nyoba lagi ambil program sarana. Ada.

Masuk kuliah pun ada banyak jalur. Terutama jalur-jalur untuk masuk PTN (Perguruan Tiinggi Negri). Pertama jalur yang paling diidamkan dan diharapkan oleh banyak siswa: JALUR UNDANGAN.

Di jalur undangan, siswa gak perlu ikut tes segala. Cuma tinggal ngumpulin nilai rapot mulai SMA semester 2 sampai semester 5. Nilai yang bagus (dan beruntung) bisa lolos dan masuk PTN yang diinginkan. Kenapa idaman? Habisnya gampang banget coba gak perlu ikut tes tinggal nyerahin nilai doing. Jalur undangan bisa diikuti seluruh siswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke PTN. Oh, ya, jalur ini cuma bisa diikuti oleh alumni SMA pada tahun itu. Alumni tahun-tahun yang lalu nanti ikutnya seleksi yang pakai tes.

Jalur undangan ini biasanya dibuka lebih awal. Dan yang keterima jalur ini, Alhamdulillah banget bisa punya kuliahan lebih cepat. Yang lain belum dapet kuliah, dia udah dapet. Enak to? Makanya bagusin nilai SMA kalau pengen lolos jalur undangan. Tapi menurutku itu untung-untungan sih. Temanku ada yang pinter banget otaknya encer gak karuan sampe netes-netes, eh gak keterima jalur undangan. Makanya, jalur ini sih menurutku untung-untungan aja. Gak keterima? Gak masalah!

Setelah jalur undangan beres, udah buka pendaftaran dan udah keluar hasilnya, DAN kamu gak lolos jalur itu, don’t worry be happy, pemerintah punya seleksi masuk PTN yang pake tes. Nah, ini kamu kudu belajar biar lolozzzz. Jalur ini namanya JALUR SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi.

SBMPTN ini yang bisa diikuti oleh alumni SMA tahun lalu juga. Pelaksanaannya serentak se-Indonesia. Untuk masuk universitas negeri loh ya, bukan yang swasta. Kalo swasta beda lagi nanti tesnya. SBMTPN ini biasanya waktu pelaksanaannya setelah UN. Jadi relaks aja pikirin dulu UN. Setelah UN selesai LANGSUNG BUKA BUKU SOAL-SOAL SBMPTN LOLOS 99% PTN FAVORIT (tersedia di toko terdekat).

Nah, jurusan kuliah itu kan dibagi jadi dua. Ada rumpun SOSHUM dan rumpun SAINTEK. Kalau gak salah artinya Sosial-Humaniora dan Sains-Teknik. Soshum ini yang isinya jurusan-jurusan IPS banget. Kayak ekonomi, akuntansi, hukum, psikologi. Ilmu-ilmu bahasa dan budaya juga masuk di rumpun Soshum. Sastra Indonesia, Sastra Inggris. Masih banyak. Pokoknya yang materinya condong ke ilmu IPS.

Untuk yang Saintek, jelas jurusan-jurusan yang menggunakan ilmu sains. Lebih condong ke IPA. Jurusan biologi, matematika, fisika, teknik-teknik. Itu dikelompokkan di rumpun Saintek.

Di SBMPTN ini, kita boleh memilih maksimal 3 jurusan. Mau di PTN yang sama atau beda gak apa-apa. Nah, SBMPTN juga punya 3 jenis tes. Buat kamu yang ke-3 pilihannya semua adalah jurusan-jurusan IPS, kamu bakal ikut SBMPTN yang Soshum, di mana soal-soalnya semua adalah materi-materi Soshum (Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah). Buat kamu yang ke-3 pilihan jurusannya adalah jurusan-jurusan IPA, kamu bakal ikut SBMPTN yang Saintek, di mana soal-soalnya semua adalah materi Saintek/IPA (Biologi, Fisika, Kimia, Matematia-IPA).

Beda lagi buat kamu yang ke-3 pilihan jurusannya terdiri dari jurusan Soshum+Saintek, kamu bakal ikut SBMPTN campuran atau lebih dikenal dengan IPC. Otomatis, materi yang diujikan adalah gabungan materi IPA dan IPS. Soshum dan Saintek. Wow. Kudu ekstra belajar buat yang IPC.

Jadi SBMPTN ini udah semacam gak perlu lihat jurusanmu di SMA. Pokoknya kalau mau masuk jurusan Teknik, kudu lolos SBMPTN Saintek. Kalau mau masuk jurusan Ekonomi, kudu lolos SBMPTN Soshum. Mau kamu anak IPA tapi pengen masuk Akuntansi, gak apa-apa. Yang jelas kudu lolos SBMPTN Soshum. Begitu juga sebaliknya.

Panjang lebar banget ya ampun baru sadar.

Yang terakhir, ada jalur mandiri. Ini tes yang diadakan oleh masing-masing universitas. Jadi nggak serentak. Untuk universitas swasta, tesnya juga diadakan oleh masing-masing pihak. Biasanya universitas swasta ini sudah buka pendaftaran dari jauh-jauh hari.

Btw itu masih belum komplit informasinya. Bakal panjang banget kalau dijelasin. Tapi emang kok sistemnya SBMPTN aku juga baru paham sebulan sebelum tesnya wkwk.

So adik-adik, belajar yang giat ya biar bisa masuk universitas favorit kalian. Gak lolos jalur undangan nggak masalah. Sungguh. Kalau bisa, lolosin di SBMPTN nya. Sebenarnya itu mudah (eaaa) kudu cermat aja. Eh tapi gatau ya sistem yang taun ini gimana 😦

BUAT KALIAN MABA-MABA, SELAMAT KULIAH!

Aku deg-degan ini mau masuk kuliah. Deg-degan jadi anak kos. Deg-degan tugas kuliah. Deg-degan wisuda. Sek lama padahal ……..

Buat yang dapet kuliah belum sesuai dengan keinginan, gak apa-apa. Aku tau itu sakit banget tapi sungguh, ikhlas saja. It’s okay it’s love (kata Liak). Mungkin jalan terbaik yang sudah dirancang Allah memang bukan melalui universitas itu, tapi universitas ini. Aku juga kok. Berusaha ikhlas meski gak masuk UI

……………………

((ya jelas))((itu mah))((gak main-main))

Dijalanin aja. Niat untuk beribadah. Niat menuntut ilmu. Meski bukan di universitas idaman, sama-sama menuntut ilmu Allah kan? Kita kuliah kita ibadah. Berusaha cari sudut pandang yang positif aja. It’s okay it’s love.

Semoga Allah sama-sama meridhai kita ya teman-teman. Sukses di jalan masing-masing. Allah pasti mendengar doa kita. Tapi kalau Allah tidak mengabulkan, berarti Allah punya jalan lain yang lebih baik yang akan ditunjukkan pada kita nanti.

πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

BTW AKHIRNYA BOTOL TAYLOR SWIFT KU DATAAAAANG YEAH!

Dari berbulan-bulan yang lalu aku nungguin ya ampun si Taylor ini gak nyampe-nyampe 😦 Sampe rasanya pengen ke Los Angeles. Ya pengen aja nggak ngapa-ngapain.

Aku sama adekku berjuang ngumpulin kode-kode itu lo yang di balik bungkus es krim. Akhirnya kita ngumpulin 10 kode lebih dan ditukar 2 botol minum Taylor Swift yang masing-masing seharga 5 kode. Warna biru sama pink. Aku ngumpulin pas SMA, dapet hadiahnya pas udah mau kuliah.

Nulisnya siang selesainya sore. Apalah. Hidup. Zo. Fazt.

Lumayan ini prestasi. Postingan informatif musim ini. Ya ampun. Buat maba-maba, selamat kuliah ya! Aku kemarin Alhamdulillah lolos mandiri UNAIR he he he.

He he

He

Kalau kamu gimana?

Advertisements

2 thoughts on “Bye Sekolah, Hai Kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s