Mockingjay: Akhirnya Tamat Juga

Ini kado dari Mama :)
Ini kado dari Mama 🙂

Aku gak sanggup nyapa ‘hai’, aku cuma bisa
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

MOCKINGJAY mameeeeeeeen! MOCKINGJAY!

Aku barusan selesai baca buku itu dan ………………………………………. dan aku nggak sanggup nerima semua kenyataannya 😥

Selain ya emang ceritanya gak clear sampek aku bingung. Entah karena kelihaian Suzanne Collins bikin pembacanya penasaran atau emang aku yang gak tanggap sama cerita terjemahan macam itu, intinya aku masih gelap sama ceritanya. Entah, gak ada perasaan lega selesai nutup epilog di halaman terakhir.

Nyesek.
Banget.

Bayangin, itu cerita komplikasi paling kompleks dan puncak klimaks trilogi The Hunger Games, dan aku masih gak puas sama ending yang ……………………….. aduh, harus cepet-cepet liat film-nya nih.

Semuanya terungkap. Siapa sebenarnya Snow. Siapa sebenarnya yang harus dipercayai Katniss. Gimana nasib keluarganya, distriknya. Gimana nasib Capitol, Peeta, si Ganteng Finnick.

Banyak sekali kejutan nyetrum waktu baca cerita Mockingjay – trilogi ketiga dari serial The Hunger Games karya Suzanne Collins. Aku sendiri sampek gak nyangka. Penulis buku imajinatif orang barat selalu berani buat tokohnya tersiksa. Mereka berani banget.

Aku barusan selesai baca buku itu dan aku nggak lego. Ya Allah, tenangkan hati hambaaaa 😥 *opo ae*. Rasane kudu nangis, kudu ngamuk, seneng yo sisan. AKU JADI GILA KAYAK KATNISS.

Seperti yang aku bilang tadi: aku nggak sanggup nerima semua kenyataan memilukan di ujung cerita (?)

Cinna mati. Finnick mati. Peeta sempat gila. Distrik 13 kembali lagi. Presiden Alma Coin. Pemberontakan. Gale ikut dalam pasukan. Prim juga mati (ini bagian paling sedih buat aku). Dan kenyataan akhir bahwaa ………………………………….. masa depan Katniss adalah Peeta. Bukan Gale.

Dan itu, aku nggak tau gimana nasib-nasib hubungan Capitol dengan Distrik. Apa Capitol jadi bikin Hunger Games lagi? Sebenarnya yang jahat itu Presiden Coin atau Presiden Snow? Gimana nasib Gale setelah pernikahan Katniss?

Aku nggak tahan. Aku ikut deg-degan bacanya. Emang bener yang banyak orang bilang: lebih seru baca novelnya dari pada film-nya.

Dan ini pertama kalinya aku baca novel terjemahan tuntas. Catching Fire sama Mockingjay.

Kebawa banget. Keren. Aku bisa kebawa cerita. Sampek terngiang-ngiang di sini. Pengen cepet ada film-nya. Aku jadi bisa ngerti nada lagu yang liriknya ditulis di buku itu.

Hebat. Suzanna Collins hebat. Ini bener-bener kental banget politiknya. Gimana penjajahan itu. Menurut info yang aku tau, DULU sempat ada penjajahan ngeri macam Capitol terhadap distrik-distrik kayak di cerita The Hunger Games. Tapi aku gak tau di mana dan bagaimana.

Ah, gak tenang habis baca Mockingjay. Kayaknya bakal tambah kacau lagi habis nonton film-nya deh :<

Hap hap! Nggak sabaran nunggu filmnya Mockingjaaaaaay. Taun ini buat yang part 1, taun depan part 2-nya 🙂 *suwene -_-

 

Leave a Reply

