Gapai Rahmat, Satukan Umat!

16.51

Hey hey hey!
Baruuuu aja tadi pagi pulang Baksos. Yap, Safari Dakwah dan Bakti Sosial. Apa itu Baksos?
Mungkin buat anak remaja sederajat SMA tau kali ya apa itu Baksos. Soalnya biasanya SMA punya program Baksos gitu ke desa-desa.

Iya, Baksos itu semacam kegiatan santunan yang biasanya diadakan di desa-desa yang kurang mampu. Coba deskripsikan sendiri ya, aku juga bingung.
Bisa dilihat dari kegiatan yang MAN 3 adain mulai tanggal 23 desember 2013 yang lalu sampek hari ini, alias tadi 28 Desember 2013. Kita selama 6 hari ini mengadakan berbagai kegiatan sosial di Dusun Precet, Kecamatan Dau, Malang. Mulai dari Pengobatan Gratis, Sunat Massal, Bazar pakaian, penjualan sembako murah, ngajar TPQ, sumbangan buku-buku, dan lain-lain. Iya, itu selama 6 hari di Dusun Precet.

Seneng banget lah. Apalagi aku tinggal di basecamp yang tuan rumahnya kece banget *opo*. Basecamp di sini sebutan untuk rumah yang ditinggali panitia Baksos untuk 6 hari tersebut. Kita punya 8 basecamp. Setiap yang ganjil adalah basecamp putri, dan yang genap adalah basecamp putra.

Aku tinggal di basecamp 7 dengan teman-teman yang gak kalah kece sama tuan rumahnya. Mereka adalah Hasina Zikriya, Annisa Amalia, Fikry Asri, Fridina Erlysah, Fitri Khusnul, Debi Kirana, Afni Madalinna, Iftita Chunni’mah, dan aku. Trus di hari kedua datang lah Co Sie DekDok yang ijin sehari, Sophia Mega.

Tuan rumahnya kece. Soalnya anaknya yang kedua namanya Amir imut banget. Trus anaknya yang pertama namanya Habib ikut sunat massal. Trus bapak basecamp-nya belakangan aku tau pas penutupan adalah seorang ta’mir masjid! Trus Ibu basecamp-nya dapet juara 2 lomba masak wkwkwkwk.

Sayangnya aku gak hafal kegiatan demi kegiatan di sana. Bisa tak posting sakjane. Tapi babah wes.

Ketuanya Amrullah M. Rabbani yang notabene dipanggil Aam (notabene iku oposeh).
Wakilnya Annisa’ Nurina Adani alias Ana.
Sekretarisnya teman saya sendiri, Firyal Romizah dan Alvin Bramanta yang diganti oleh Asrining Pangastuti.
Bendaharanya juga teman saya sendiri, Anas Abdul Ghaffar dan Badrit Tamami.

Sie DekDok, panitia bagian di mana saya ditugaskan.
Dikoordinatori oleh Sophia Mega Sabila. Anggotanya Adelia Khairunnisa (gueh meeen gueh), Dianisa Dwi Rahmani, Norma Tania (kelas X), Rafif Cahya (kelas XII), Audy Zulfikar, Alfuqair Ilar, dan Adam Adhe (kelas X).

Di acara Baksos ini kelasku (XI MAKBI) wajib ikut. Soalnya pelopornya dulu-dulu-dulu-dulu itu ya anak keagamaan, jadi kelasku kudu melok. Ada beberapa orang di sini dari anak kelasku yang gak ikut. Ada Abdul Hayyi, Iqbal Hafizh, Izam Ismail, Nila Azmi, Alvina Prameswari.

Di balik kebahagiaan Baksos  hari itu, kalian nggak tau penderitaan yang aku alami. Iya, aku menderita selama 2 hari pertama.

Hapeku, kan tak password pake pattern. Yang 9 buletan disambung-sambung itu looo. Nah, kan di baksos itu kita banyak anak kecilnya ya. Mereka main ke basecamp ku. Mainin hapeku. Mainin pattern-nya. Aku santai aja, soalnya ujung-ujungnya kalo keseringan gagal pattern bakal dimintai masukin Google Account. Gmail-ku dewe lah, pasti inget!

NGGAK TAUNYA..
Pas udah bener-bener gagal pattern, disuruh masukin Google Account …. MALAH GAK BISA! Maksute opo???? Trus hapeku kekunci ngono sampek Baksos berakhir? Trus opo gunane aku nggowo hapeeeeeeee?!

Mana kota jauh pula. Kata Dina harus ke Samsung Center. Kata Acik juga. Motor sih ada. Ada 2 atau 3 gitu anak basecamp-ku yang bawa motor. Tapi ya nggak tinggal jalan juga. Jaoh men.Tau Joglo Dau? Restoran itu looooo, nah Baksos-nya masih Joglo Dau teruuuuuuuuuuuuuuuus ke dalam. Jauh. Jauh banget.

Aku udah nyala-matiin hape. Kartunya juga tak ambil. SD card tak keluarin. Hasinya nihil. Aku pasrah. Kayaknya emang gak dibolehin komunikasi pake hape. Akhirnya aku buat janji sama Dina, besok kudu nang Samsung Center! Bah ndek Matos ndek endi ae pokoke nang Samsung.

Dan aku kalap dua hari pertama itu.
Sedih. Rasanya tuh masa depanku gelap. Aku nggak bisa ngapa-ngapain. Baksosku hampa *opo*.

Lalu semua berubah saat negara api menyerang ……….

Di hari kedua, pas nobar malem-malem Serdadu Kumbang, aku masih dalam keadaan kalap. Semua orang yang tak temui jadi tempat ngeluh. Suatu ketika, aku ngeluh ke Aal. Iya. Aal. Aku cerita soal hapeku. Tapi moro-moro respon-nya nggak lama, nggak sampek ceritaku selese. Baru nunjukin layar hapeku yang nyuruh masukin akun gugel, dia langsung ngomong: “Ooooh, ini kamu tunggu sampek sinyal-nya 3G, baru masukin.”

………………………………

PANTESAN GAK MASUK-MASUK!
Perasaanku passwordnya udah bener. Sumpah aku lemes. Aku tau kenapa. Soalnya di hari pertama, gara-gara pulsaku terus berkurang, jadi internetnya tak non-aktifkan. Ternyata itu yang dibutuhkan: INTERNET.

Iyaya, kenapa nggak kepirkiran. Alamat email kan pasti hubungannya sama internet.
Langsung aku minta tuker sama kartunya Izza. Jadi malem nobar itu aku buwwvengong dewe. Aku jalan agak turun. Minim sinyal emang. Trus pas tak masukin gugel akun pake kartunya Izza, checkingnya lama. Ini bibit keberhasilan, Saudara! Soalnya tadi-tadi pas checking muternya mek bentar langsung divonis salah user/password. Dan kali ini enggak.

Lama nunggunya. Emang kata Izza agak lelet internetnya. Akhirnya pake kartu yang ditawarin Fiyang. Dia masih punya Loop gres belum dibuka. Langsung tak pasang. LANGSUNG. LANGSUNG.
Pas film-nya selesai setting si anak naek kuda, semua heboh, aku ikut heboh. HAPEKU PULIH :”) Pengen meluk siapa aja rasanya /kode/ yogaklah. SUUUUUUEEEENENG. Fiyang makasih banyak kartumu sangat membantu.

Dan saat itu, Aal rasanya kayak malaikat turun dari surga di hadapanku eaaa.

Hah, banyak sekali kejadian tak-terduga yang aku-kita alami selama Baksos. Ada yang pulang duluan. Ada yang mengundurkan diri. Ada banyak bibit cinta timbul antara precil-precil desa dengan kakak panitia (Baksos) yang ganteng-ganteng. Iya, anak cowok banyak yang jadi primadona -_-

Banyak kejadian, aku sampek lupa.

Ada di mana anak basecamp ku kelewat capek langsung bobok semua sampek bablas telat makan dan sebagian nggak ikut evaluasi.
Trus anak-anak kecil di Precet yang suka nggandoli Ijaz kemana saja.
Ada ibu-ibu yang protes di muka. Itu pas jalan sehat pembagian door prize yang di MC-kan oleh Ipul dan Mega.
Ada anak-anak TPQ yang nggak mau kita pergi, hiks.
Ada teman-teman panitia cewek yang direbutkan untuk dimantu *oposeh buk -_-
Pengalaman masak di depan tungku besar.
Dekorasi panggung serba-mepet.
Kenal lebih dekat teman-teman yang memang nggak dekat sebelumnya.
Belajar banyak banget pengalaman.

Kesimpulan: Tinggal di Precet samadengan BEKU.

Ini ada sebagian foto yang tak ambil di jarsos. Ntar nambah lagi kalo ada yang kurang. Kayaknya ada postingan Baksos Part 2 deh wkwkwk.

MAXIMAL duatigaaaaa :3 Ini kelas XI sama 2 orang kelas X MAKBI cowok. Mereka Sinto dan Hamid, tuh di bawah tuuuh.
Ngambil di Facebook. Foto tadi pagi pake kamera mulusnya Yayak
Dari kiri: Inay, Shita, Yayak, Acik, Deak, Mega.

 

Tambahan foto. Sebenernya semua foto ini diambil dari hari terakhir -_- Dari kiri: Aal, Acik, Ipul, Yayak, Shita, Aini, Deak, Inay. Dari mana lagi kalo bukan hasil dari kamera bening Yayak :3

 

Dan kayaknya masih butuh banyak foto lagi deh. Silakan buat yang punya dan udah di aplot, apalagi foto yang sama anak kecilnya, bisa kasih URL nya ke akuuuuu :3

Tadi pagi perpisahannya kurang greget. Kayaknya yang greget itu tadi malem deh pas habis pensi anak-anak TPQ. Sayangnya aku nggak di TKP. Iya, malem penutupan tadi ditutup sama tampilan dari panitia, anak-anak TPQ Baiturrahman, pengumuman lomba, dan tausyiyah.

Tak tunggu yang mau nyumbang foto :3

Safari Dakwah dan Bakti Sosial 2013,
Gapai gapai rahmat, satukan umat, Allahuakbar!

Graha Deak, 18.14, waktunya sholat Maghrib.

Advertisements

3 thoughts on “Gapai Rahmat, Satukan Umat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s