Dekdok si Ahli Kodak

Tulisan ini diperbarui tanggal 17 Maret 2016. Kenapa?

Nggak tau ya statistik post yang ini tinggi banget gitu. Banyak yang ngepoin tentang divisi Dekdok dan cari-cari refrensi buat desain kupo ya? Wkwkw

Dekdok itu nama divisi sejenis dokumentator yang pertama kali aku kenal di SMA. Jadi, apa aja ya kerjanya divisi Dekdok itu?

Sie DekDok atau divisi Dekdok atau panitia bagian DekDok sama jenisnya seperti Sie Acara, Sie Konsumsi, Panitia Bagian Perlengkapan, atau Panitia Bagian Hu-Mas (Hubungan Masyarakat).

Dekdok ini kepanjangan dari Dekorasi dan Dokumentasi. Karena sekarang aku udah kuliah, jadi aku nemu nama lain buat divisi tersebut. Di kuliahan ini aku kenalnya dengan nama PubDok. Publikasi dan Dokumentasi. Ada lagi kembangannya yang lebih ekstrem: PubDesDok. Publikasi, Desain, dan Dokumentasi.

Pokoknya ujung-ujungnya kamera lah.

Ujung-ujungnya sakit hati.

tumblr_lcs50ekpbr1qcfba3o1_500

Pasti di sekolah atau kampus kalian ada lah ya divisi yang tugasnya sejenis itu. Bagian desain-desain id card, atau logo, atau gambar-gambar apapun buat acara. Dan nggak kalah penting tugasnya adalah bagian dokumentasi. Mungkin di tempat kalian punya sebutan lain selain DekDok atau PubDok?

Kalau aku dulu pas SMA, sebutannya DekDok nih, sukanya disuruh bikin banner, stiker, id card, desain ini-itu. Asik. Buat kalian yang pinter desain, ya asik. Sayangnya aku nggak pinter desain. Aku cuma berharap dengan gabungnya aku di divisi tersebut, kameraku nggak nganggur gitu loh.

Dan sejak pertama kelas 10 aku udah gabung di DekDok, untuk seterusnya orang-orang tau aku punya kamera, dan berharap aku selalu hadir di divisi DekDok. Terimakasih semuanya. Terimakasih.

Karena rata-rata anggota divisi ini selalu dipertanyakan keahlian ber-Photoshop mereka, aku selalu minder and was like “please aku cuma bisa pegang kamera”

tumblr_lq3ashzqjl1qht847

Pokoknya perhatiin deh kalo pas lagi ada di acara apa gitu, trus ada mbak/mas yang pegang kamera trus suka foto-foto, coba samperin dan langsung tanya, Mas toilet sebelah mana?

Dan kalau kamu gabung di divisi DekDok atau PubDok atau apapun bagian dokumentasi, nggak usah ngeluh kalau fotomu bahkan sampai acara selesai pun nggak tersimpan di memory card. Memory card aja nggak sudi nyimpen fotomu apalagi dia.

DekDok terakhir yang paling aku suka dan berkesan banget adalah waktu ada acara Baksos pas kelas 2 SMA. Kenapa? Karena aku disuruh bikin kupon woy! Seorang gagap Photoshop gini disuruh bikin kupon?! Am I kidding you? Lah.

But, if there is a will there is a way. If there is an otak, there is an akal cerdik. Aku nggak akan menyerah memalukan begitu saja di depan Photoshop yang puas ketawa ngejek karena aku cuma bisa download dia tanpa bisa mengoperasikannya. Tentu saja aku beralih ke cinta lamaku, tempat aku selalu berpulang bila Photoshop tidak menerima skillku: PHOTOSCAPE.

Ba dum tss!

Jangan salah. Terlahir dari Photoscape, 8 macam kuponku akhirnya beredar di tangan warga bapak/ibu dusun tempat kami baksos waktu itu. Bangga dong print out desain kamu tersebar di seantero dusun (dan berceceran di tong sampah dan terinjak-injak di aspal dan terguyur air hujan).

Yang mau cari refrensi kupon, monggo. Ini 8 desai kupon ala kadarnya hasil ngutak-atik susah payah berjuang bareng Photoscape. Jangan remehkan si Photoscape. Gitu-gitu bakat terpendamnya luar biasa.

 

 

bazar i bazar ii bazar iii bazar iv bazar v jalan sehat 2 pengobatan3 sembako

Ini kupon-kupon aku edit penuh pake Photoscape. Dan kamu tau, aku apes banget waktu itu. Jadi di laptopku ini ada banyak banget font-font lucu yang sengaja aku download sebagai alternatif desain (karena aku gak jago Photoshop, jadi andalanku cuma mainin font di Photoscape). Nah, gataunya laptopku ini rusak pas mau bikin desainnya. Sedangkan waktunya terbatas. Akhirnya terpaksa pinjem laptop si adek yang font nya terbatas dan laptopnya dia gabisa di install font-font asing gitu. OMG. Ngenes banget gak bohong.

Intinya gitu lah. Buat kalian yang belum tau apa itu DekDok atau PubDok atau semacamnya, mungkin tulisan ini cukup membantu. Tulisan ini sengaja aku perbarui karena ya pengen aja. Kalau di sekolah/kampusmu, bagian desain-desain dan dokumentasi disebutnya divisi apa?

Tulisan ini bermanfaat? Klik tombol ‘share’ agar teman-teman kamu tau!

Cek juga tulisan-tulisanku yang lain 🙂 Kindly visit the Home page.

2 thoughts on “Dekdok si Ahli Kodak

  1. Halooo, kalo di kampusku DekDok lebih dikenal jadi DDM. Singkatannya “Dekorasi”, “Dokumentasi”, M-nya apa gatau “Manusia” kali. Ato ga “Mantap”. Ato “Masya Allah”.

    CMIIW.

    • Kayaknya sih Dekorasi Dokumentasi Malang. Kan UB ya jadi gitu. Atau Dekorasi Dokumentasi Mulyorejo. Lah jadi Uner.
      Btw thanks for visiting, ini adalah postingan terpopuler ku 2 tahun terakhir.

Leave a Reply

