Lebaran Versi Klan Marlius

7.50
Bismillah,

Halooooooooo, lama banget deh rasanya gak blogging. Ya, kan hiatus ceritanyaaa. Mudik sih wkwkwk.

Aku baruuuuuuu sampek tadi malem jam 12-an. Iya hari Rabu. Berangkatnya Selasa malem alias Rabu puuuuagi. Jam 1 kurang kapalnya berangkat. Bagus wee. Ada pengarahan cara pakai pelampung. Ngono sakjane ancen. Aku baru saat itu tau cara gimana pake pelampung buat kapal. Kalo di pesawat kan pasti ada cara-cara keselamatan gitu. Nah, ini tumben di kapal. TAPI ujung-ujungnya orang itu jualan minyak gosok wkwkwkwk. Laris wee, pinter caranya jualan. Sampek ada yang neriakin Abu Nawas.

Oke beb, kembali ke judul.
Aku mau cerita soal keluaga buuuesarr ku di Mataram. Keluarga besar dari Mama. Jadi, sebenernya keluarga Mama ini keturunan Padang. Orangtua Mama dua-duanya lahir di Padang. Orang Padang asli. Kita –para cucu- manggil nenek kita ‘andung’ dan kakeka kita ‘abo’. Itu dua-duanya bahasa Padang. Sayangnya, Abo nggak bisa lebaran bareng kita sejak aku kelas 4 dulu. Beliau meninggal 5 hari setelah ulang tahunnya :”””

Tapi, anak-anak Andung nggak ada yang lahir di Padang.
Rantauan pertama, Andung sama Abo ke daerah Jawa Barat. Bandung sekitarnya lah. Di situ lahir anak-anak mereka yang awal. Cuma dikit. Lainnya pada lahir di Mataram. Voila, 12 anak Andung pun hidup di Mataram. Jadi Andung cuma sendirian di Mataram. Saudara-saudaranya yang lain tinggalnya di Padang. Dulu kan susah ya, jadi anak-anak Andung yang 12 itu pas masih kecil mana adaa THR-THRan.

Mama-Papa nikahnya di Mataram. Jadilah aku ikut lahir di sana. Tapi itu dia, kalo dibilang kita-kita ini orang Mataram, sebenarnya bukan. Mataram cuma tempet tinggal aja. Soalnya kan ceritanya tempetnya Abo kerja di Mataram.

Nah, ini. Anak-anak Andung yang 12 itu kan sudah pada besar, satu persatu mereka pada punya keluarga. Bayangin aja 12 orang itu rata-rata anaknya 2. Semua rata-rata tinggal di Mataram. Cuma anak pertama, sama Mama, sama baru-baru ini kakak Mama yang ke-empat, pada tinggal di Jawa. Ya sama sepupu-sepupu yang sekolah di Jawa juga.

Ada 8 tante sama 4 om dari 12 anak Andung. 8 cewek itu nama depannya sama. Yusmi. Trus nama belakangnya sama-sama berawalan Z. Zikria, Zahara, Zulya, hampir-hampir sama sampek lupa wkwk. Kalo 4 orang anak Andung yang laki-laki mereka nggak ada kesamaan nama. Cuma nama mereka terdiri dari satu kata. Tante kita panggi ‘etek’. Kalo Om kita panggil ‘mamak’. Bahasa Padang ituuu. Kalo sodara sepupu yang perempuan kita panggil ‘uni’, yang laki-laki kita panggil ‘abang’.

Tapi aku dipanggil mbak, aku orang Jawa –”

Anak pertama Andung anaknya ada 4, tinggalnya di Tangerang. Yang kedua anaknya 2, yang paling besar sudah nikah anaknya 2 juga. Yang ketiga anaknya 2, sudah pada kerja. Nah yang ke 4 ini mulai kecil-kecil, anaknya 4, yang paling besar masih kelas 1 SMA. Yang kelima anaknya 3, 2 sudah pada kuliah sisa 1 yang paling kecil masih SD. Yang keenam anaknya 4, yang paling besar kuliah, yang kecil masih SD. Yang ketujuh belom. Yang kedelapan Mamaaaaaaa \^^/ anaknya 3 meeen yang paling besar ini yang punya blog wkwk, yang paling kecil masih SD. Yang kesembilan belom. Yang kesepuluh anaknya 3, kembar 2 orang, masih kecil keciiiiil. Yang terakhir anaknya 2 juga masih kecil-kecil.

Itung aja itu banyak banget.
Ya itu dah, bayangin aja kalo semua ngumpul. Pas lebaran kemaren anak yang pertama yang tinggal di Tangerang pulang ke Mataram. Soalnya nggak tiap tahun yang di Jawa itu ke Mataram. Tapi kalo Mama-Papa insyallah tiap tahun mudik, soalnya orangtua Papa juga di Mataram. 

Rame banget. Apalagi pas hari lebaran itu. Salam-salaman baris dari teras rumah sampai ruang tengah, wkwkkwk. Belom lagi pas bagi THR. Orang Lombok nyebutnya ‘hol’, entahlah aku juga nggak tau artinya. Oke kita bagi hol habis makan-makan. Untung rumah Andung cukup besar setelah berbagai renovasi. Sampek dibangunin rumah lagi di pekarangan rumah Andung. Ya itu, buat nampung keluarga-keluarga yang segitu banyaknya.

Yang paling seru itu sesi pembagian hol. Semua saudara Mama pada ngasih hol ke ponakan-ponakannya. Yooo iku onok 12 karo anak-anake. Hampir 40-an orang ada di rumah itu. Mana kemaren saudara dari Tangerang ada yang mudik juga ke rumah Andung, tambah ricuh bung.

Pas leha-leha selelasi makan tiba-tiba ada yang rame-rame. Biasanya anak-anak kecil yang peka sama Om-Tante yang bagiin hol. Weeeeh ricuh sekali. Mana kan sepupu-sepupu yang sudah pada mahasiswa pasti minta lebih. Sepupu kira-kira jumlahnya 25-an lah kurang lebih. Ramenya kayak orang bagi sembako. Rame banget. Mana anak-anak kecil itu ya, mereka usil-usil baris lagi. Waduuuh ini penerima gelap. Biasanya kita disuruh baris terus Tante yang berdiri di ujung. Ada yang teriak-teriak ‘BLT! BLT!’. Mana kemaren itu sampek ada yang keluar rumah. Ada satu sepupu masih kecil dia tidur, sama sepupu-sepupu kecil lainnya itu topinya dipake dibuat baris minta hol, ceritanya mintain sodaranya yang lagi tidur. Walaaaah tambah kacau. Akhirnya ada yang bagi hol pake spidol, yang udah mukanya dicoret biar nggak 2 kali. Ada yang bagi holnya sampek berdiri di atas pinggirannya teras rumah. Iku puuersis karo wong ngekeki raskin wi lo. Walaaah mboh sampek onok seng tibo arek-arek cilik.

Ngasihnya rata-rata pada pake amplop. Ada malah yang diiket sama kawat warna silver itu loo, iya jadi uangnya diplintir trus diiket. Trus lagi itu sepupu-sepupu yang udah kerja pasti ditarikin juga sama sepupu yang masih sekolah. Ada yang guyon ngumpulin uang hol dari om-tante trus dibagiin lagi. Weeees wes heboh pokoke. Sampek kesel aku lungguh ae nunggu dikeki. Hahahaha 😀

Saking banyak sodara yang dateng, kita sampek bikin Family Gathering. Jarang-jarang nih. Ntar ada kok di lain post 

Sayang nih pembagian raskinnya nggak ada fotonya wkwkw. Ada sih tapi aku nggak punya. Ada bagian dokumentasinya soalnya hehe. Mama malah ngerekam. Kudu diaplot nang Youtube iku :B

Yasyudah, ntar lanjut lagi di lain judul

*deak at homesweet

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s